Gelar Yudisium, Mahasiswa FKIP UMSurabaya Bertabur Prestasi

0
6198
Pelaksanaan Yudisium Semester Gasal 2022/2023, Mahasiswa Program Sarjana Strata-1 (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Surabaya, Rabu (31/05/2023).

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Rabu (31/05/2023) bertempat di Gedung At-Tauhid lantai 13, merupakan hari yang berarti bagi 113 Mahasiswa Program Sarjana Strata-1 (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Surabaya UM(Surabaya) yaitu pelaksanaan Yudisium Semester Gasal 2022/2023 tentang kelulusan Mahasiswa FKIP UMSurabaya yang terdiri dari enam program studi (prodi).

Enam prodi tersebut yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, PG-PAUD, dan PGSD. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dekan FKIP UMSurabaya Dr. Ratno Abidin, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan jumlah peserta yudisium dan juga mahasiswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik.

Kegiatan Yudisium dan Seminar Pendidikan mengusung tema “Inovasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar dan Perkembangan Teknologi Digital”. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor 2 Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana Dr. Endah Hendarwati, S.E, M.Pd. Dalam sambutannya Warek 2 berpesan kepada para peserta sebagai calon pendidik harus terus belajar dan siap menghadapi tantangan, salah satunya dengan cara selalu mengembangkan inovasi pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi dan kebijakan pemerintah.

Selain itu, peserta yudisium setelah bekerja nanti diminta tetap untuk menjaga nama baik almamater UMSurabaya. Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan seminar pendidikan yang diisi oleh Guru Besar bidang Teknologi Pendidikan dan Ketua Program Studi Doktor (S3) Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., yang memberikan bekal ke seluruh mahasiswa peserta yudisium untuk lebih siap lagi menjadi sebagai calon guru.

Prof. Mustaji, M.Pd., menyampaikan materi tentang “Mendesign Pembelajaran Tanpa Batas di Era Teknologi Digital dan Merdeka Belajar”. Dalam paparannya Prof. Mustaji menyampaikan bahwa di era digital saat ini diperlukannya cara–cara baru dalam mengajarkan di zaman atau era Discruption. Yang mana discruption adalah inovasi cara baru dan menggantikan pemain lama ke pemain baru disertai dengan menggantikan teknologi baru ke teknologi lama sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan lebih efisien.

Momen ini memberikan motivasi yang luar biasa kepada para peserta, karena interaksi langsung tanya jawab yang mana peserta yang bertanya ataupun menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah buku yang ditulis oleh Prof. Mustaji. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Widjayadi, M.Pd, Wakil Dekan 2 yang baru saja mendapatkan gelar Doktor di bidang Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Surabaya.

Dalam paparannya, Dr Widjayadi menyampaikan syarat-syarat bagaimana guru mampu berinovasi dalam pembelajaran terutama di era teknologi digital dan merdeka belajar. Lanjutnya Widjayadi berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu belajar dan belajar mengembangkan pengetahuan tanpa memandang waktu dan usia.

BACA JUGA :  Mengintip Kampung Parikan di Surabaya

Kegiatan ini berikutnya dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan Peserta Yudisium Mahasiswa FKIP UMSurabaya oleh Wakil Dekan 1 Endang Suprapti, S.Pd, M.Pd. Dalam kesempatan kali ini, diumumkan mahasiswa berprestasi Akademik dan Non Akademik di Tingkat Fakultas, peserta IPK terbaik pada enam program studi di lingkungan FKIP UMSurabaya.

Adapun mahasiswa terbaik bidang akademik di tingkat fakultas dengan IPK 4.0 di raih oleh Nurul Afifah, S.Pd ( NIM 20191114029 – Prodi Pendidikan Guru – PAUD ). Kemudian prestasi akademik di tingkat prodi yaitu:
1. Andas Nidaa’an Khofiyya, S.Pd (NIM 20191115029-Prodi Pendidikan Guru–Sekolah Dasar) dengan IPK 3,93.
2. Sherli Pentianasari, S.Pd (NIM 20191115014 – Prodi Pendidikan Guru–Sekolah Dasar) dengan IPK 3,93.
3. Uswatun Khasanah, S.Pd (NIM 20191115014-Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dengan IPK 3,79.
4. Siti Kurniatur Rohmah, S.Pd ( NIM 20191113006-Prodi Pendidikan Biologi ) dengan IPK 3,78.
5. Akmal Rafi’i, S.Pd (NIM 20181110017-Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) dengan IPK 3,65.
6. Zul hanifah Suwarno, S.Pd (NIM 20181112001- Prodi Pendidikan Matematika) dengan IPK 3,56.

Selain prestasi kategori Akademik, terdapat juga apresiasi untuk kategori Non– Akademik yang diberikan kepada Siti Kurniatur Rohmah, S.Pd ( NIM 20191113006-Prodi Pendidikan Biologi) dengan prestasi Juara 2 Pencak Silat Seni Tunggal Bersenjata Tingkat Mahasiswa/Dewasa yg diadakan oleh Airlangga Championship Tapak Suci National Open 2022 (Nasional) dan Juara 2 Beregu Putri Perguruan Dewasa IPSI (Nasional).

Selain itu terdapat juga mahasiswa yang Bernama Zul hanifah Suwarno, S.Pd (NIM 20181112001- Prodi Pendidikan Matematika) dengan prestasi Juara 1 Lomba Kampaye Kreatif lawan Covid 19 oleh PC IMM Kota Surabaya (Regional) dan Juara 1 SAPERE AUDE ayo Gawe Media oleh FKIP UMSurabaya (Regional).

“Terlepas itu semua, selamat kepada para 113 peserta Yudisium FKIP UMSurabaya, tetaplah bangga dan jaga nama baik almamater kampus tercinta kita semua. Sukses untuk kalian semua didunia yang baru yaitu dunia kerja,” ungkap Endang.

Endang juga berharap, agar kegiatan Yudisium dan seminar pendidikan dapat berkesan untuk seluruh pihak, dapat dipetik ilmu dan pesan dari para pembicara yang sangat berpengalaman dan telah lama terjun dalam dunia karir dan entrepreneurship. “Huga menginspirasi wisudawan FKIP UMSurabaya untuk turut maksimal mengabdi pada agama, nusa, dan bangsa. Aamiin.“Onthoud waarom u bent begonnen voordat u stopt.” – Sebelum kamu berhenti, ingatlah kenapa kamu memulai,” pungkasnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here