Foto: Pohon tumbang di Jl. Gajah Mada Bojonegoro, menyebabkan 1 korban luka. (arif/pijarnews.id)

Oleh: Arif Hakim*

PIJARNEWS.ID – Pembangunan infrastruktur yang digalakkan secara Nasional nampaknya cukup berhasil, hal ini terbukti dilaksanakan di beberapa daerah seperti Lamongan dan Bojonegoro.

Terlebih di kabupaten Bojonegoro, Ibu Anna Mu’awanah selaku Bupati Bojonegoro juga melakukan pembangunan infrastruktur yang cukup masif. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi masyarakat maupun para pengusaha atau kontraktor. Bagaimana tidak menguntungkan, ketika pelbagai jalan di setiap poros kecamatan diperbaiki, tentu banyak masyarakat yang juga diuntungkan.

Akan tetapi masih banyak juga teknis proyek yang perlu difikirkan secara baik, mengganggu masyrakat dan terkesan not safety (tidak aman), sehingga banyak masyarakat yang juga mengeluh dan berasumsi bahwa proyek-proyek tersebut hanyalah asal-asalan.

Seperti juga proyek pembangunan jalan poros kecamatan, banyak masyarakat yang khawatir terkait keamanan proyek tersebut, pasalnya banyak sekali debu yang berhamburan, sehingga masyarakat juga khawatir jika akan terkena ISPA. Kanyataan masalah lain terjadi di depan Pertokoan Jl. Gajah Mada, Kabupetan Bojonegoro. Sore hari pada 7 November 2019, tepat menjelang Adzan Maghrib, salah satu pohon yang berada di samping jalan tersebut tumbang dan menyebabkan satu korban luka. Diduga pohon tersebut tumbang karena disampingnya telah terdapat proyek trotoar, sehingga memotong akar-akar pohon tersebut.

Jika sudah demikian lantas siapa yang harus bertanggung jawab. Ketika infrastruktur digalakkan yang terkesan menolong masyarakat akan tetapi justru memberi masalah masyarakat, harus menunggu berapa korban lagi sehingga proyek-proyek menjadi safety, ataukah akan menunggu adanya tumbal, berupa korban jiwa sehingga proyek dijalankankan secara aman dan nyaman bagi Masyarakat.

BACA JUGA :  Momen Hardiknas, Mereka Bergerak untuk Guru dan Karyawan Sekolah

*) Aktivis Lingkungan Bojonegoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here