Foto: Perlombaan Jemparingan yang diadakan oleh Paguyuban Ki Mageti, Kabupete Magetan. (suhartatok/pijarnews.id)

MAGETAN | PIJARNEWS.ID – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Magetan ke-344. Paguyupan Jemparingan Ki Mageti mengadakan Event Nasional, berupa lomba panahan tradisional atau biasa disebut Jemparingan. Bertempat di sekitar Pasar Rakyat Sarlondho, Lapangan Desa Candirejo, Kabupaten Magetan, Minggu (17/11).

Acara yang bertajuk “Gladen Ageng” tersebut, sukses diikuti oleh 383 peserta, baik dari kategori dewasa maupun anak-anak. Mereka berasal dari 53 Klub atau Paguyupan Jemparingan di seluruh Indonesia.

Selain memperingati HUT Kabupaten Magetan, event ini juga bertepatan dalam rangka Milad Paguyupan Jemparingan Ki Mageti yang ke-3.

Ketua panitia, Toha Mahmudi menjelaskan, “Event kali ini juga merupakan ajang silaturahim antar Paguyupan Jemparingan seluruh Indonesia. Serta bertepatan juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Magetan ke-344. Seklaigus  juga merayakan Milad Paguyupan Jemparingan Ki Mageti ke-3.” Ungkapnya.

Event Nasional ini dibuka langsung oleh Bupati Magetan, Dr. Drs. Suprawoto, S.H, MSi. Beliau menuturkan, dengan adanya event semacam ini, juga bisa mendidik anak-anak untuk mencintai Nabi Muhammad SAW., dengan cara mengenal dan mengikuti salah satu sunnahnya yaitu olah raga memanah.

“Kami harapkan event semacam ini tidak hanya berhenti atau hanya sekali diadakan. Namun alangkah baiknya jika event semacam ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Pemerintah Kabupaten Magetan akan sangat mendukung kegiatan positif semacam ini.” Pungkas Dr. Drs. Suprawoto, S.H, MSi dalam sesi sambutan pembukaan perlombaan.(*)

BACA JUGA :  Tingkatkan Kualitas Kader, PCNA Purwoharjo Adakan Kajian Rutin

Reporter: Suhartatok*

Naskah Berita: Suhartatok

Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here