Foto: Para peserta khitanan massal berfoto bersama dengan pengurus BAZNAS Pacitan. (Gemma/ Pijarnews.id)

PACITAN | PIJARNEWS.ID – Dalam rangka memperingati beberapa hari penting, diantaranya adalah HUT KOPRI ke-48, Hari Kesehatan Nasional ke-55, Hari Guru dan HUT Dharma Wanita Tahun 2019. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pacitan menyelenggarakan kegiatan khitanan massal.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada 26-27 November 2019. Hari pertama, acara tersebut bertempat di Balai Desa Ketro, Kecamatan Kebonagung. Sedangkan untuk hari kedua bertempat di Balai Desa Tanjungpuro, Kecamatan Ngadirojo.

Harminto, Kepala Sub Bagian Kesehatan dan Bina Sosial BAZNAS Kabupaten Pacitan menjelaskan, “Tujuan dari kegiatan khitanan massal ini adalah bagian dari satu cara atau upaya BAZNAS Kabupaten Pacitan untuk memberikan pelayanan dan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu.” Jelasnya.

Keluarga BAZNAS juga turut mendo’akan, peserta khitan nantinya bisa menjadi anak sholeh, berguna bagi nusa, bangsa dan agama. “Semoga kegiatan ini bisa cukup bermanfaat dan membantu masyarakat yang membutuhkan.” Imbuh Harminto.

Sedangkan Shodiq Suja’ BA, Ketua BAZNAS Kabupaten Pacitan menambahkan, “Bahwa dengan melakukan khitan atau sunat, kita juga akan tercegah dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi, seperti penyakit menular. Kemungkinan besar kalau belum di sunat, akan ada kotoran yang masih tertinggal pada organ laki-laki.” Jelasnya soal manfaat khitan.

Masyarakat cukup antusias dengan acara ini, terlihat dari banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya, tercatat ada 65 peserta yang datang dari jumlah awal 70 peserta. Selain itu dalam kegiatan ini para peserta juga diberikan beberapa snack atau konsumsi, bingkisan dan juga santunan.(*)

BACA JUGA :  Perluas Sosialisasi, KPU Pamekasan Jalin Kerjasama dengan Kemenag

Reporter: Gemma_geget
Naskah Berita: Gemma_geget
Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here