Foto: Dialog interaktif dengan Dinas Kesehatan dan ODHA. (Putri/ Pijarnews.id)

SURABAYA | PIJARNEWS.ID – Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, menggelar bakti sosial (Baksos) dengan tema “Sharing for Caring HIV/ AIDS”, Minggu (1/12).

Acara tersebut berlangsung di Taman Flora, Jl. Bratang Binangun Bratajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Baksos ini bertujuan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia yang ditetapkan pada setiap 1 Desember.

Kegiatan ini diawali dengan parade bunga, semua panitia membagikan bunga mawar dan pita merah kepada masyarakat atau pengunjung Taman Flora. Hingga menginjak pada acara inti yang dikemas dengan dialog interaktif.

Foto: Pembagian bunga mawar dan pita. (Putri/ Pijarnews.id)

Ns. Imam Muhaji, S. Kep., sekalu perwakilan dari Dinas Kesehatan mengawali pembicaraan dengan memberi pengetahuan tentang apa itu HIV/ AIDS, bagaimana gejalanya, siapa yang berpotensi terjangkit hingga pencegahannya. “HIV merupakan virus yang menurunkan imunitas, orang yang terinfeksi HIV tidak terlihat, harus diperiksa darahnya baru bisa didiagnosa,” terangnya.

Selain itu mereka juga mengundang YN (Inisial Nama), selaku perwakilan dari orang dengan HIV/ AIDS (ODHA), untuk menceritakan kisah hidupnya ketika terjangkit HIV, serta bagaimana beban mental yang ditanggungnya.

Sedangakan Fahmi Irfan Ma’ruf, sebagai ketua pelaksana acara ini menyampaikan, “Motivasi kita mengadakan acara ini karena dirasa kurangnya pengetahuan masyarakat tentang sex education, apa itu HIV/ AIDS, serta pencegahannya. Karena masyarakat banyak yang masih takut berkomunikasi dengan orang-orang yang terjangkit HIV/ AIDS,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ponpes Darul Mustofa Dukung Sertifikasi Tukang Program KOTAKU di Bangkalan

Untuk menambah kemeriahan acara, juga terdapat hiburan live musik akustik dan pembagian balon kepada peserta yang telah mengikuti dialog. Selain itu para peserta juga turut memberi apresiasi berupa tanda tangan di kain putih sebagai bentuk dukungan terhadap Hari HIV/ AIDS Sedunia.(*)

Repoter: Putri
Naskah Berita: Putri
Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here