Foto: Suasana diskusi rekasi majalah El-Saka dan Suara Muhammadiyah di Yogyakarta. (R Fauzi Fuadi/ Pijarnews.id)

YOGYAKARTA | PIJARNEWS.ID – Guna menambah ilmu jurnalistik dan mengetahui bagaimana tim media cetak memproduksi sebuah karya jurnalistik, tim redaksi majalah El-Saka Ponpes Karangasem mengunjungi redaksi Suara Muhamadiyah.

Sebanyak 50 santri yang tergabung dalam keredaksian majalah El-Saka, disambut langsung oleh Bapak Ganjar Sri Husodo, selaku Sekretaris Redaksi Suara Muhammadiyah, Sabtu (21/12) pagi hari di Ruang Meeting Suara Muhammadiyah, Jl. KH. A Dahlan No. 107 Yogyakarta.

Program kunjungan redaksi ini merupakan aganda bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom), Organisasi Pelajar Pondok Karangasem Muhammadiyah (OPPKM) masa juang 2019/2020, juga atas usulan Thoriq Haidar selaku nahkoda OPPK putra.

Para pemuda agen perubahan ini sangat antusias dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Ganjar, beliau yang sudah malang-melintang di dunia jurnalistik.

Sebagai bahan diskusi, Bapak Ganjar memulai pembicaraan tentang konten hoaks, yang begitu mudahnya tersebar di berbagai platform media sosial. Beliau juga menyayangkan karena masyarakat Indonesia masih mengemari konten-konten yang minim bahkan sangat tidak ada ibrah atau nilai di dalamnya.

Beliau selanjutnya menjelaskan bahwa pentingnya membaca literatur yang akan memudahkan dalam menulis apapun yang kita inginkan, mulai dari berita, cerpen, hingga novel sekalipun.

“Saya sangat menyanyangkan, betapa masyarakat kita sangat rentan terhadap paparan hoaks, yang sialnya, mereka tidak memilah dan memilih, mana konten hoaks dan mana yang telah terverifikasi kebenarannya. Apa yang dirasa penting dan menarik (walau belum tentu kebenarannya), mereka lantas membagikannya di platform mereka”. Ungkap Bapak Ganjar.

BACA JUGA :  Kepolisian Memberi Pendidikan Tertib Lalu Lintas di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun

Sesi selanjutnya ialah diskusi bersama, sebanyak lima orang menanyakan perihal kegelisahan terhadap berbagai hal yang dirasa penting untuk segera dicari tahu jawabannya. Bapak Ganjar berlanjut menjawab seluruh kegelisahan itu dengan cukup jelas dan gamblang.

Kunjungan redaksi ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh staff OPPK kepada redaksi Suara Muhammadiyah, lalu dilanjutkan dengan sesi foto bersama.(*)

Reporter: R Fauzi Fuadi
Naskah: R Fauzi Fuadi
Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here