Foto: Zainuddin Maliki (berbaju batik) mengajak kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai, agar bisa dijadikan destinasi wisata. (Kholis/ Pijarnews.id)

LAMONGAN | PIJARNEWS.ID – Menyonsong tahun baru 2020, gabungan pemuda yang peduli dengan kebersihan desa dan lingkungan, diantaranya meliputi Karang Taruna, Pemuda Muhammadiyah dan Bina Samudra Sedayulawas. Mereka menggelar aksi bersih sampah bersama di Pantai Laut Desa Sedayulawas, Minggu (29/19).

Sebagai Koordinator Aksi, Fatkhur Rohman, S.Pd.I meresahkan kondisi pantai yang dirasa cukup memperihatinkan, “Kita semua disini menghirup bau tidak sedap karena adanya sampah yang menumpuk tinggi di tepi pantai utara Desa Sedayulawas.” Ungkapnya.

Fatkhur juga mengajak beberapa organisasi kepemudaan yang ada di Desa Sedayulawas, untuk peduli terhadap kebersihan pantai, “Mari kita jaga pantai ini, karena pantai bagian dari lingkungan hidup kita, maka harus dijaga kebersihannya,” imbuhnya yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Desa Sedayulawas.

Ibu Heni Fikawati, A.Md, selaku Kepala Desa Sedayulawas juga mengajak warganya, “Mari kita turut andil bersama menjaga kebersihan pantai, agar desa ini menjadi desa yang bersih dan indah.” Ajak beliau.

“Selanjutnya siapapun nanti yang masih membuang sampah di laut, akan kita panggil ke Kantor Desa dan akan dikenakan sanksi sosial sekaligus denda uang sejumlah Rp. 200.000. Sesuai dengan kesepakatan bersama yang telah diajukan oleh Aksi bersama ini.” Ujar Ibu Heni.

Turut hadir juga Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si, Anggota Komisi X DPR RI, menurutnya beliau akan menyampaikan aspirasi masyarakat Desa Sedayulawas pada Menteri Pariwisata, “Kami akan sampaikan ke Menteri Pariwisata, bahwa ternyata pantai laut Desa Sedayulawas ini sangat indah, agar bisa menjadi destinasi wisata, maka dari itu syarat pertama harus bersih. Jadi masyarakat jangan membuang sampah di sepanjang pantai ini.” Tuturnya

BACA JUGA :  Milad 'Aisiyah ke-106, PDA di Pacitan Bagikan Ratusan Paket Sembako
Foto: Zainuddin Maliki juga ikut mendatangani pernyataan bersama tentang menjaga kebersihan pantai. (Kholis/ Pijarnews.id)

“Setidaknya jika tidak bisa membantu membersihkan, maka jangan menambah sampah lagi.” Tambah Prof. Zainudin yang juga menjadi Wakil Ketua PWM Jawa Timur.

Dalam aksi ini, turut hadir juga Polsek dan Koramil Brondong, BPD, LPM, Prangkat Desa, Ketua RT, Warga Desa Sedayulawas, PRM, PRA, PR NA dan IPM, pasca acara ini dilanjut dengan mengabadikan kesepakatan yang telah dibuat bersama.(*)

Reporter: MH Kholis
Naskah: MH Kholis
Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here