Foto: Bupati Sidoarjo, Syaiful Illah. Diunduh dari https://m.detik.com.

SIDOARJO | PIJARNews.ID – Belum genap satu bulan dilantik, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung tancap gas. Kali ini merupakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pertama pada era kepemimpinan Firli Bahuri dkk. OTT tersebut dilakukan kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Illah, Selasa (7/1).

Hal ini dibenarkan oleh PLT juru bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi kantor berita Antara di Jakarta pada Selasa (7/01). “Tidak hanya Saiful Illah, OTT ini juga mengamankan pejabat daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur,” terangnya.

Ketika ditanya mengenai penetapan status dari pihak yang ditangkap, Ali Fikri akan memberikan keterangan pada hari ini saat konferensi pers, Rabu (8/1). Sebelum ada penjelasan lebih lanjut, diharapkan semua pihak tidak membuat dugaan persepsi masing-masing.

Perlu diketahui, pemilihan Firli dkk sebagai pucuk pimpinan KPK sempat diragukan karena adanya dugaan pelanggaran etik, sehingga memunculkan pro & kontra di masyarakat. Hal ini semakin menguatkan persepsi keraguan tersebut dengan adanya pengesahan UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua UU Nomor 30 Tahun 2002, tentang pencegahan tindak pidana korupsi yang dianggap sebagai salah satu cara untuk melemahkan KPK.

Pengesahan UU tersebut membuat mahasiswa diberbagai daerah melakukan aksi demonstrasi besar-besaran, bahkan sampai ada korban melayang. Dengan adanya OTT ini paling tidak bisa menepis anggapan masyarakat terkait hak KPK yang dikebiri pemerintah.

BACA JUGA :  Diduga Menyebar Hoax, Pejabat Pemkot Batu Laporkan Akun FB "May Munah"

Reporter: Agus Supatma Editor: Etiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here