Warga membersihkan pohon jati yang tumbang di Desa Pandemawu Barat, Kabupaten Pamekasan. (Yayan/ PIJARNews.ID).

PAMEKASAN | PIJARNews.ID – Memasuki musim penghujan, sedikitnya ada 5 titik Kecamatan yang sering terjadi bencana longsor di Bumi Gerbang Salam, Rabu (9/1). Titik tersebut diantaranya ada di Kecamatan Kadur, Kecamatan Palengaan, Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Waru dan Kecamatan Pasean.

Supervisor PUSDALOPS BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, meminta kepada masyarakat Kabupaten Pamekasan untuk selalu waspada, dengan intensitas hujan deras agar terhindar dari bencana yang tidak diinginkan.

Dalam menyikapi cuaca ekstrim, BPBD Pamekasan menyiagakan personil untuk sewaktu-waktu digerakkan apabila terjadi bencana alam. “Jadi apabila nanti terjadi bencana alam, baik itu banjir maupun tanah longsor kita sudah siap langsung terjun untuk membantu masyarakat Pamekasan,” ujar Budi Cahyono.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya Instansi terkait sudah mempersiapkan Posko Terpadu Penanggulangan Bencana di Jl. Jokotole Pamekasan. Posko terpadu akan buka 24 jam dan akan digunakan untuk menampung korban yang mungkin terdampak bencana yang terjadi. Posko itu juga dilengkapi segala peralatan seperti perahu karet, senso, peralatan dapur, obat-obatan, perlengkapan kesehatan dan sebagainya.

“Hal tersebut untuk mempersiapkan jika terjadi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan potensi bencana lain,” ungkapnya.

Selanjutnya masyarakat dihimbau agar tetap waspada, berhati-hati terhadap potensi bencana akibat hujan lebat, yang dapat nenimbulkan banjir, tanah longsor, disertai angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin, sekaligus mengingatkan masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA :  PDPM dan BPBD Pamekasan Kerjasama dalam Mencegah Virus Korona

Reporter: Yayan Editor: Suhartatok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here