Foto bersama pegiat Garis Surya dan Ademos. (Khoiris/ PIJARNews.ID).

BOJONEGORO, PIJARNews.ID – Garis Surya, Lembaga Penelitian dan Survey yang dimiliki Bidang Hikmah Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Bojonegoro, bekerja sama dengan Ademos melakukan “sinau bareng” (red: belajar bersama) tentang penelitian desa, Jum’at (9/1).

Ademos (Asosiasi Demokrasi dan Kesejahteraan Masyarakat), adalah salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang konsen terhadap pedesaan.

Dalam agenda sinau bareng yang bertempat di sekretariat Ademos, Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro, mereka membahas tentang potensi dan tantangan pembangunan desa kedepan.

Ahmad Sholikin, Ketua Bidang Hikmah PDPM Bojonegoro menyampaikan dalam forum diskusi, bahwa pemuda harus mempunyai peran dalam pembangunan desa, “serta juga harus melibatkan masyarakat dalam pengembangan potensi desa yang ada.” Ungkapnya.

Forum diskusi, (Khoiris/ PIJARNews.ID).

Sementara itu, Arsyad, Sekretaris Ademos menyampaikan tentang peran Ademos di masyarakat. “Kenapa sekretariat Ademos kita tempatkan di desa, karena Ademos sangat konsen tentang pedesaan. Kalau kita tempatkan di kota, maka kita tidak akan tahu banyak tahu tentang pedesaan,” ujarnya.

Arsyad juga menambahkan, dalam membangun desa, kita melakukan sinau bareng dengan masyarakat. Kita tidak menggurui atau mengajari masyarakat, tetapi kita belajar bersama kepada masyarakat.

Reporter: Ahmad Khoiris | Editor: Suhartatok

BACA JUGA :  Warga Desa di Pacitan Ciptakan Bilik Sterilisasi Raksasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here