Gothank Wiyadi dalam kelas bisnis, Muhammadiyah Inspiring Business PDM Tuban. (Yusron/ PIJARNews.ID).

TUBAN, PIJARNews.ID – Diundang oleh Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban dalam acara Muhammadiyah Inspiring Business, Sabtu (11/1). Kepala Sekolah Entrepreneur Makar Yogyakarta (MAKARYO), Gothank Wiyadi membagikan kiat-kiat sukses menjadi pengusaha.

“Jika diantara kalian ada yang mau pergi ke hutan dan memanggulnya dan membawa ke pasar maka itu menjadi seusuatu yang terhormat daripada meminta-minta, termasuk meminta pekerjaan,” tutur Gothank Wiyadi dalam pengantar materinya.

Selanjutnya pria yang kerap disapa Wiyadi itu membagi kiat-kiat sukses menjadi pengusaha. Pertama, adalah kerja iman, berarti segala sesuatu yang kita laksanakan adalah semata-mata karena Allah. “Dalam bahasa Hanan Attaki, adalah melibatkan Allah dalam setiap aktivitas kita.” Ucapnya.

Kedua, adalah kerja otak atau akal, karena manusia telah dibekali otak, dengan segala kemampuan harus mencari peluang yang ada. Mulai dari peluang basis belanja, peluang basis jualan dan peluang basis pertemanan. “Peluang basis pertemanan yang saya maksudkan adalah menjadikan teman sebagai relasi, partner atau penyambung marketing kita” Jelasnya.

Kiat terahir atau Ketiga, adalah kerja otot. Ketika sudah percaya bahwa segala sesuatunya adalah dari Allah. Kemudian sudah memiliki data-data mengenai pasar. Maka, kerja otot menjadi kerja terakhir, berpeluh keringat di lapangan adalah wajib.

Ketiga kiat tersebut disampaikan Gothank Wiyadi yang juga merupakan Dosen UMY dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam kelas bisnis oleh MEK PDM Tuban dengan menggandeng “Papa Muda” Pemuda Muhammadiyah Tuban di Grand Javanilla.

BACA JUGA :  Herry Susanto: Mulai Usaha dengan Hal yang Disukai

Reporter: M Amin Yusron | Editor: Suhartatok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here