Performance seni angklung ketika launching di Balai Desa Prajegan. (Icuk/ PIJARNews.ID).

PONOROGO, PIJARNews.ID – Dalam mengembangkan serta melestarikan kebudayaan tanah air, Pemerintah Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Menggelar launcing paguyuban Seni Angklung Suryo Phandowo, bersama dengan pemuda Karang Taruna, Sabtu (11/1/2020).

Hardi, tim Media Kreatif Desa menjelaskan awal mula ide bisa mengembangkan seni angklung. “Gagasan ini awalnya dari Kepala Desa, diteruskan kepada Pemuda Karang Taruna. Setelah itu empat orang perwakilan dari Karang Taruna dikirim ke Purwokerto, untuk mengikuti pelatihan selama tiga hari,” terangnya.

Sekaligus untuk melestarikan budaya tanah air, menurut Hardi, gagasan ini juga bermaksud menciptakan lapangan kerja bagi Pemuda Desa. Mereka tidak sekedar memainkan angklung, tetapi juga akan memproduksinya.

“Setelah ini kami juga ada rencana untuk pembuatan alat musik angklung, jadi tidak sekedar bermain saja. Tetapi juga memproduksi, menciptakan lapangan kerja khususnya untuk Pemuda Desa,” imbuh Hardi kepada Wartawan PIJARNews.ID, saat di Kantor Desa Prajegan.

Reporter: Icuk Ariwibowo | Editor: Suhartatok

BACA JUGA :  Polres Ponorogo Lakukan Penghijauan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here