Spanduk sepanjang 15 meter yang dibentangkan oleh pengunjuk rasa, berusaha menyegel kantor Pemkab Bondowoso. (Ndi/ PIJARNews.ID).

BONDOWOSO, PIJARNews.ID – Ratusan warga melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Kamis (16/1/2020). Aksi tersebut dilakukan untuk mendorong Bupati agar mau mencopot Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, yang dinilai mereka telah semena-mena dan tidak sanggup melaksanakan tugas.

Sempat terjadi ketegangan antara aparat keamanan dengan pengunjuk rasa, bermula saat warga berusaha menyegel kantor Pemkab dengan spanduk bertuliskan pencopotan Sekda Bondowoso, namun usaha mereka terlihat gagal.

Yulianto, bagian dari pengunjuk rasa menjelaskan bahwa mereka sepakat dengan sikap DPRD, yang telah melakukan hak interpelasi. “Hak interpelasi yang dilakukan DPRD sudah benar, termasuk juga rekomendasi yang telah diberikan. Kita menilai, sejak dipimpin oleh Sekda Syaifullah, Bondowoso mengalami kemunduran,” ungkapnya.

“Kita turun aksi untuk menyelamatkan Bondowoso, kita memiliki persepsi yang sama dengan anggota dewan. Kita minta Bupati Salwa segera melakukan langkah cepat dengan memecat Sekda Syaifullah,” lanjutnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rachmat saat menemui pengunjuk rasa serta awak media, mengatakan akan menyampaikan semua aspirasi kepada Bupati.

“Semua tuntutan yang dilayangkan pengunjuk rasa akan segera saya teruskan kepada Bupati. Namun bukan berarti menyanggupi, tetapi keputusan harus kita bicarakan dengan baik, untuk menjaga Bondowoso agar tetap kondusif,” ujar Wabup Irwan Bachtiar Rachmat.

Usai menyampaikan aspirasi dan telah ditemui Wakil Bupati Bondowoso, massa pengunjuk rasa langsung membubarkan diri. Sementara itu menurut Edy, Ketua LSM Aliansi Kebijakan Publik di Bondowoso, ia menilai bahwa para pendemo merupakan orang yang sakit hati, hal tersebut diungkapkan saat berkumpul dengan awak media.

BACA JUGA :  Penyemprotan Disinfektan di Lingkungan Kantor Bawaslu Pamekasan

“Mereka itu orang sakit hati, kami tahu siapa mereka. Jelas sekali mereka ini adalah orang yang tidak memiliki jiwa kesatria,” ucapnya. (ndi/tok/tiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here