Simbolik, penyerahan bibit pohon dari Kepala Desa Temon pada pesarta. (Agus/ PIJARNews.ID).

PONOROGO, PIJARNews.ID – Sebagai upaya dalam menjaga kelestarian alam dan sumber air, Pemerintah Desa (Pemdes) Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, berinisiatif untuk melakukan aksi penghijauan, Minggu (19/1/2020). Hal ini dilakukan dengan mengacu dari musim kemarau yang lalu, Desa Temon telah terdampak kekeringan.

Penghijauan yang bertajuk “Lestari Alamku, Damailah Negeriku”, terpusat di Gunung Bhayangkaki, Dukuh Mlokolegi, Desa Temon. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTs Darr Al-Hikmah dan MA Darul Hikmah, Perangkat Desa, Organisasi Pencak Silat dan Seni Bela Diri, Karang Taruna, Banser, Ansor serta Perhutani.

Dalam keterangannya, Kepala Desa Temon, Suwoto menyampaikan, “Mari bergerak bersama, agar Desa kita tidak kekurangan air, salah satu wujudnya dengan penanaman ini”, terangnya.

Sekretaris Desa Temon ikut menanam pohon. (Agus/ PIJARNews.ID)

“Jangan sampai jika ada bukit yang gundul dan gersang kita biarkan, lalu jika di rumah ada potensi sumber daya air, maka agar dipelihara dan ditanami pohon juga”, lanjut Kepala Desa yang akrab disapa Mbah Lurah Cubluk tersebut.

Terakhir, ia berpesan kepada penggarap lahan milik perhutani untuk terus melestarikan hutan, “Meskipun tugas pelestarian alam adalah tugas bersama, saya berharap kepada penggarap tasenĀ (lahan perhutani) untuk serius menjaga dan melestarikan apa yang ada, nek wit e mati yo golek winih trus ditanduri meneh (kalau ada pohon mati, tolong carikan bibit untuk ditanam kembali), agar Gunung Bhayangkaki kembali ijo royo-royo atau lestari”, pungkasnya. (ags/tok)

BACA JUGA :  HUT Ke 47, PDIP Gelar Jalan Santai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here