Ustaz Mukhlis saat menyampaikan tausyiah. (Esti/ PIJARNews.ID).

BANYUWANGI, PIJARNews.ID – Pengajian Ahad Pagi berlangsung di Masjid An-Nur, Desa Glagahagung, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Ahad (19/1/2020) pukul 05.00 WIB.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Purwoharjo, selaku panitia pengajian mengundang Ustaz Mukhlis, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyuwangi untuk memberikan tausyiah. Ustaz Mukhlis menyampaikan beberapa perumpamaan dengan mentadabburi Firman Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

“Kita juga bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Seperti misalnya kita bisa belajar dari kehidupan lebah, tentang filantropi. Lebah menghasilkan madu untuk dirinya, keluargannya dan bahkan untuk kebutuhan Manusia”, terangnya dengan mengutip Q.S An-Nahl ayat 68.

Selanjutnya, jamaah juga diterangakan bagaimana kehiduapan semut yang pandai berkoloni, kekeluargaannya kuat, ada yang mejadi pemimpin untuk melindungi dan mengendalikan rakyat, “bahkan ketika rumahnya terusik, yang pertama kali semut selamatkan adalah generasinya (telurnya)”, lanjut Ustaz Mukhlis sebagaimana dalam Q.S. An-Naml ayat 18.

Selain itu, diterangkan juga kalau manusia agar bersifat waspada, “Jangan meniru sifat laba-laba yang orientasi hidupnya hanya urusan perut, memperluas rumahnya untuk menjerat mangsa, siapapun yang mendekat tak peduli itu teman atau bukan, akan tetap jadi mangsanya”, paparnya berdasar Q.S Al-Ankabut ayat 41.

Sementara itu, Supriyono, selaku Ketua Bidang Tabligh PCM Purwoharjo, menjelaskan bahwa pengajian yang diselenggarakan setiap Ahad pagi ini bernama Kanzul Ulum berarti gudangnya Ilmu. “Diharapkan setiap warga Muhammadiyah di Desa Glagahagung, bisa terus menambah kazanah pengetahuannya melalui gudang ilmu di Ahad pagi”, ungkapnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kualitas Kader, PCNA Purwoharjo Adakan Kajian Rutin

Mengenai materi pengajian pada hari ini, ia berharap bersama jamaah bisa mengambil pelajaran dan berusaha untuk mengaplikasikan dalam kehidupan, saat beribadah kepada Allah maupun dalam kehidupan sesama manusia.

Reporter: Esti Fauziah | Editor: Agiel LP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here