Air lumpur menerjang rumah di Kampung Baru, Kecamatan Sempol/Ijen, Kabuaten Bondowoso. (Fiq/PIJARNews.ID).

BONDOWOSO, PIJARNews.ID – Banjir lumpur tiba-tiba menerjang pemukiman warga di Kecamatan Sempol/Ijen, Kabupaten Bondowoso, Rabu (29/01/2020) siang hari pukul 14.00 WIB. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan salah satu warga, Evi (23) yang mengatakan, banjir tersebut memang datang secara tiba-tiba.

“Tidak ada angin, tidak ada hujan, cuma ada suara gemuruh dikira angin. Ternyata air lumpur yang datang dari arah selatan,” tutur Evi.

Banjir yang datang dari arah Pegunungan Ijen tersebut langsung mengarah ke pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 60 cm. Hal tersebut menyebabkan beberapa barang berharga dan hewan ternak milik warga hanyut terbawa arus yang cukup deras.

“Dari gunung airnya, terus awal masuknya air ke rumah-rumah warga, kandang ternak, barang-barang warga banyak yang hanyut,” tambah Evi.

Warga membersihkan genangan lumpur dibantu alat berat. (Fiq/PIJARNews.ID).

Sedangkan beberapa warga menjelaskan jika banjir seperti itu telah kali ketiga melanda Kecamatan Sempol/Ijen. Diungkapkan jika pernah terjadi pada Tahun 1992, 2016 dan 2020 ini. Tidak ada korban jiwa pada saat ini, hanya ada beberapa rumah warga rusak berat akibat arus banjir tersebut.

Akhirnya warga Kecamatan Sempol/Ijen bergotong royong membersihkan sisa-sisa banjir bandang bersama para relawan, TNI, Polri dan BPBD yang dibantu alat berat.

Reporter: Andi Arafiq
Penulis: Andi Arafiq
Editor: Suhartatok

BACA JUGA :  Gus Irsyad Ketua IKA UMM: Kami Siap Bersinergi dengan Warek III Nur Subeki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here