Prof. Haidar Nashir memotongm pita peresmian gedung KH. Ahmad Dahlan di RSM Ponorogo. (Gus/PIJARNews.ID).

PONOROGO, PIJARNews.ID – Tahun 2020 merupakan momen penting bagi Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Ponorogo (RSUMP). Hal ini ditandai adanya perayaan tiga acara sekaligus, meliputi Peresmian Gedung KH Ahmad Dahlan, Tasyakuran Akreditasi, dan Milad ke-58 RSUM Ponorogo. Ketiga acara tersebut dikemas dalam satu tema besar, yaitu “Semarak Perjalanan RSU Muhammadiyah Ponorogo dalam Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta”, Rabu (29/01/2020) bertempat di Gedung terpadu RSUM Ponorogo.

Direktur RSUMP, Iwan Hartono dalam sesi sambutan melaporkan, “Total dana yang kami gunakan dalam pembangunan sekitar 45 miliar rupiah. Fasilitas gedung baru terdapat ruang pelayanan, laboratorium, radiologi, farmasi, dan rekam medik, sehingga telah menambah tempat perawatan pasien dari yang semula 120 menjadi 150,” ungkapnya.

Hadirnya Prof. Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menambah susana peresmian gedung menjadi cukup berkesan, dia menuturkan dalam sambutannya, “Semangat filantropi harus menjadi dasar dalam pengabdian, sikap welas asih itulah bentuk dari filantropi. Semangat ini pula yang telah menjadi inspirasi Kiyai Dahlan dalam memaknai QS. Al-Maun,” tuturnya.

Hingga sekarang spirit QS. Al-Maun memang telah menjadi dasar amal Muhammadiyah, sehingga menurut Haedar, Al-Quran tidak cukup hanya dibaca dan dihafalkan. Namun juga harus memunculkan kasih sayang pada sesama, dan itu juga dicontohkan oleh Kiyai Dahlan dalam membentuk Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) sebagai cikal bakal Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

BACA JUGA :  Tertimpa Pohon, Siswa BA 'Aisyiyah Meninggal Dunia

Haidar juga berharap, keluarga besar RSUM Ponorogo agar terus memegang nilai-nilai yang terdapat dalam PKO tersebut. “Telah berdirinya gedung ini merupakan wujud dan bakti Muhamadiyah untuk bangsa, ini menjadi bukti bahwa Muhammadiyah terus berupaya mencerahkan kehidupan bangsa dan menghadirkan kesejahteraan untuk sesama,” tambahnya.

Prof. Haidar Nashir menandatangani prasasti peresmian gedung. (Gus/PIJARNews.ID).

Selanjutnya Bupati Ponorogo Ipong Muchilssoni, yang juga turut hadir dalam persemian gedung, dia merasa senang dengan kehadiran RSUMP ini. “Pemkab menyadari pembangunan semacam ini menjadi tugas Pemerintah, tapi Pemerintah juga menyadari belum semua hal dapat dijangkau. Sehinga apa yang dilakukan Muhammadiyah tentu sangat membantu Pemerintah. Atas nama Pemkab Ponorogo kami turut berbahagia, karena Muhammadiyah telah memberi kontribusi nyata dalam pembangunan, khususnya dalam bidang kesehatan,” ungkapnya.

Setelah acara tasyakuran, Ketua Umum PP Muhammadiyah bersama Direktur RSUMP, Bupati Ponorogo, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo, melakukan peresmian gedung, “Dengan mengucap bimillahirrahmannirrahim, gedung KH. Ahmad Dahlan ini saya resmikan,” ucap Prof. Haedar Nashir sembari memotong pita, dan menandatangani prasasti peresmian.

Reporter: Agus Supatma
Penulis: Agus Supatma
Editor: Suhartatok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here