Penyerahan Al-Qur'an oleh Direktur Eksekutif Nurul Falah Surabaya, kepada Ustaz Khoirul Anam Kampung Qur'an. (Ozi/PIJARNews.ID).

MALANG, PIJARNews.ID – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Idris Dusun Sukorejo, Desa Sri Mulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, telah resmi dilaunching menjadi obyek binaan “Kampung Qur’an” oleh Lembaga Amal, Zakat, Infaq dan Sodaqoh (LAZIS) Nurul Falah, Ahad (02/02/2020).

Digagasnya Kampung Qur’an bukanlah tanpa alasan, melainkan sebagai upaya penumpasan buta huruf Al-Qur’an di daerah pedalaman dan juga sebagai program pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan, melalui penguatan spiritual keagamaan dan ekonomi yang mengedepankan aspek kearifan budaya lokal.

Mariono, selaku Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Dampit, mengaku bahagia karena di wilayahnya terdapat aset sumber daya manusia yang mau berjuang menyemarakkan desanya dengan nuansa Al Qur’an. Ia berharap dengan peresemian Kampung Qur’an ini dapat menjadikan “Desa Sri Mulyo” agar lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai Kampung Qur’an.

“Kalau di Pare Kediri ada Kampung Inggris yang sudah dikenal banyak orang, banyak lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris, maka di Desa Sri Mulyo ada Kampung Qur’an, banyak santri yang mempelajari Al Qur’an dan masyarakatnya juga memiliki akhlaq yang mencerminkan Al Qur’an,” tutur Mariono.

Ia juga berpesan kepada guru-guru Al Qur’an dan para santri TPQ, agar dapat mendukung TPQ Al-Idris untuk menjadi Kampung Qur’an dan saling bersinergi mewujudkan tema besar yang diangkat pada acara ini, yaitu “Membumikan Al Qur’an Sampai Pedalaman Negeri”.

BACA JUGA :  Pilkada Serentak 2020, Cak Ros: Netralitas KPU Harga Mati
Muspika tokoh agama setempat dengan Lazis Nurul Falah. (Ozi/PIJARNews.ID).

Kampung Qur’an diresmikan oleh KH. Umar Jaeni, M.Pd, selaku Direktur Eksekutif Yayasan Nurul Falah dengan penandatanganan prasasti, dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sorban dan Al-Qur’an kepada Ustad Khairul Anam, selaku Kepala TPQ Al-Idris.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis sebagai penanda dalam menjalankan amanah Kampung Qur’an. Launching Kampung Qur’an ini juga dimeriahkan dengan bazar yang menjual berbagai produk lokal. TPQ Al-Idris sendiri, memiliki produk camilan makanan ringan bermerek An-Najah, yang menjual aneka kripik, kue kering, kue basah, stik, dan jamu beras kencur.

Selanjutnya yang tak kalah menarik pada acara launching Kampung Qur’an ini, juga disemarakkan dengan berbagai perlombaan, diantaranya lomba mewarnai tingkat PAUD, TK dan Lomba Kaligrafi yang diikuti oleh santri TPQ tersebar di seluruh Kecamatan Dampit.

Reporter: Rozi Achmad
Penulis: Rozi Achmad
Editor: Afrizky A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here