Cak Ilun menyampaikan cara kreatif pengolahan susu sapi pada peserta. (Tyo/PIJARNews.ID)

MALANG, PIJARNews.ID – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 07 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Seminar dan Workshop pembuatan permen susu dan susu pasteurisasi bagi masyarakat Desa Jambersari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang Ahad, (02/3/2020).

Seminar dan Workshop yang digelar merupakan suatu bentuk pemberdayaan masyarakat desa tentang cara memaksimalkan potensi desa sebagai aktivitas ekonomi yang menjadi usaha unggulan Desa Jambersari. Dengan melibatkan puluhan warga desa dan anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), agenda tersebut dihadiri sekitar 25 peserta yang mayoritas ibu rumah tangga dari beberapa RT.

Bertempat di balai desa, agenda yang diinisiasi divisi ekonomi dan kewirausahaan ini disambut antusias oleh peserta workshop. Luluk, selaku Ketua PKK desa Jambersari mengatakan bahwa, workshop ini merupakan pengalaman pertama dan berharga bagi ibu-ibu di desa.

“Jambersari dikenal sebagai sentra penghasil susu sapi perah, bahkan susu dijadikan ikon desa tersebut. Namun kebanyakan warga masih belum mampu memanfaatkan susu segar secara maksimal. Dikarenakan selama ini mereka masih menjual susu segar tanpa pengolahan,” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang cara pengolahan susu sapi secara maksimal agar bernilai ekonomi tinggi.

Cak Ilun foto bersama dengan peserta. (Tyo/PIJARNews.ID)

“Kedepannya kami berharap dengan terlaksananya agenda ini dapat mengedukasi masyarakat tentang pengolahan sumber daya alam terutama di bidang pengolahan susu secara maksimal,” ujar Hidayat selaku Ketua Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan.

BACA JUGA :  MCCC Pamekasan Gandeng Takmir Masjid Saat Distribusikan Sembako

Sementara Amirul Muttaqin, selaku pemateri dalam Seminar dan Workshop memberikan penjelasan agar masyarakat terus belajar kreatif dan peka melihat peluang usaha, agar tidak tertinggal dengan desa lain.

“Masyarakat Jambersari bisa belajar dari desa Pujon Kidul, yang dulunya desa tertinggal di Malang, namun atas inisiatif masyarakat desa, terciptalah desa wisata Pujon Kidul yang menjadikan susu sapi perah sebagai sumber perekonomian desa. Dan secara langsung mengangkat taraf perekonomian masyarakatnya,” terang pria asal Batu itu.

Bersama istrinya Ani, pria yang akrab disapa Cak Ilun ini melatih peserta Workshop secara langsung. Mereka ajarkan cara membuat Susu Pasteurisasi dan Permen menggunakan susu sapi perah.

Ulyana, salah satu peserta seminar sekaligus pelaku bisnis susu sapi perah mengatakan, dengan belajar cara pengelolaan ini, akan menjadi modal baginya untuk menjual kreasi susu olahan di acara Sunday Market (salah satu program kecamatan poncokusumo bagi masyarakat untuk menjual beragam produk lokal).

Kelompok KKN 07 dibawah asuhan Bapak Moh, Jufri ST., MT, kompak mengatakan akan selalu mengawal program KKN di desa Jambersari dengan program unggulan yang terus memberdayakan masyakarat desa, salah satunya dari segi ekonomi ini.

Reporter: Prasetyo Lanang
Penulis: Prasetyo Lanang
Editor: Afrizky A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here