Produk Clean-texs kemasan sedang. (Riz/PIJARNews.ID)

SURABAYA, PIJARNews.ID – Usaha apapun asal ditekuni dengan baik dan penuh  kepercayaan, tentu lama kelamaan akan membuahkan hasil. Seperti yang dilakukan oleh M. Bagus Pujianto, pemuda kelahiran 5 Desember 1991 asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, yang sekarang menetap di Kota Surabaya dengan usaha produk cairan pembersih kerak kamar mandi yang diberi nama “Clean-texs”.

Bagus, panggilan akrab bapak 2 anak ini tak menyangka jika usaha pembersih kamar mandi yang dirintisnya sejak tahun 2012 itu, mampu bertahan hingga saat ini. Bahkan pemasarannya meliputi seluruh Jawa Timur dan tembus hingga ke Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Penuturan Bagus kepada PIJARNews.ID, Senin (03/02/2020) dia mengawali usahanya itu dari nol, hanya berpegang pada pengalaman dan ilmu yang didapatkannya saat menjadi santri di Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang Surabaya. Tepatnya berawal saat dirinya menjadi suplier bahan bangunan di Sidoarjo. Ia melIhat peluang dari kelemahan produk HCL murni yang dijual toko-toko bangunan.

“Saat itu saya masih mejadi marketing suplier bahan bangunan dan melihat banyak produk HCL yang dijual oleh toko bangunan menimbulkan asap dan bau yang menyengat, sehingga saya terinspirasi untuk menciptakan produk pembersih yang tidak berasap dan baunya tidak menyengat,” kata Bagus.

Bagus (kanan) saat mengirim produknya ke konsumen. (Riz/PIJARNews.ID)

Keunggulan produk Clean-texs yang diproduksinya adalah, jika membersihkan lumut dan kerak yang menempel pada dinding kamar mandi hanya cukup disikat dengan pelan.

“Gunakan kuas atau sikat yang telah diberi cairan Clean-texs, kemudian gosok pelan saja di area yang inginkan, selain itu produk saya juga tidak menyebabkan gatal jika terkena kulit, tapi tetap hati-hati saat menggunakannya,” imbuhnya.

Usahanya itu terus dia kembangkan dan kini setiap bulannya, dengan dibantu oleh 26 bruhnya, Bagus mampu memproduksi cairan pembersih kamar mandi Clean-texs sebanyak ribuan botol.

Dia memusatkan usaha di industrinya yang baru saja berdiri di Jalan Kalijaten No. 59 Sepanjang, Kabupaten Sidoarjo. “Kebetulan sudah mempunyai banyak buruh yang membantu saya untuk memproduksi Clean-texs dan mempunyai kendaraan yang cukup untuk mendistribusikan produknya ke berbagai daerah,” paparnya.

BACA JUGA :  Tidak Asal Semprot, Pemuda Desa Ini Beri Penyuluhan Kesehatan pada Masyarakat

Dari usahanya itu, setiap bulannya dia memperoleh omset mulai dari Rp 300 juta sampai Rp 500 juta. Baginya, uang itu relatif cukup untuk menambah kebutuhan dapur dan menghidupi buruhnya. “Ya lumayan untuk membantu orang-orang yang sedang butuh pekerjaan,” candanya.

Bukan tanpa kendala, Bagus mengaku pernah kesulitan saat memasarkan produknya. Menurutnya produk baru biasanya belum mendapatkan kepercayaan masyarakat. “Masyarakat itu kan umumnya selalu melihat merek, walaupun produk saya waktu itu belum terkenal, tapi kualitasnya gak kalah dengan yang sudah lama,” ungkapnya sambil tersenyum.

Bagus juga berpesan kepada generasi muda agar peka untuk melihat peluang dan mampu menciptakan produk baru, serta jangan pernah malu untuk memasarkannya. “Carilah peluang apapun yang ada disekitarmu dan jadikan peluang itu sebagai ladang bisnis dan bermanfaat bagi orang lain,” tambahnya.

Selanjutnya Bagus juga mengatakan bahwa, motivasinya menjadi pengusaha adalah selain untuk membuka lapangan pekerjaan, dia juga ingin membesarkan nama Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang yang banyak berjasa bagi dirinya. Selain itu dia juga tidak ingin menjadi buruh selamanya dan ingin mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Ke depan, Bagus akan lebih memperbaiki usahanya itu. Hal pertama yang dia rencanakan adalah pengembangan kemasan agar lebih menarik dan lebih beragam pilihan ukuran. “Saat ini hanya ada ukuran kemasan 600, 1000 dan 1500ml,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin membeli produknya bisa mencari di market place pada facebook dengan kata kunci “Clean-texs” atau bisa juga membeli langsung ke alamat produksinya.

Reporter: Afrizky F
Penulis: Afrizky F
Editor: Milada RA

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here