Suasana FGD. (Gus/PIJARNews.ID)

PONOROGO, PIJARNews.ID – Salah satu antisipasi penyebaran virus corona ialah dengan melakukan pencegahan, demikian halnya yang dilakukan Balai Kesehatan Umum (BKU) Al-Manar Universitas Muhammadiyah (UM) Ponorogo yang mengadakan Forum Grup Discussion (FGD) tentang pencegahan dan penanggulangan virus corona, Kamis (06/01/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa dan keluarga Civitas Unmuh Ponorogo, dalam paparan pemateri, dr. Wida Pratiwi Oktavia mengatakan, “Tujuan dari terselengaranya acara ialah untuk mengedukasi mahasiswa dan keluarga civitas, untuk bersama-sama mengenal tanda gejala virus corona, serta pencegahannya,” katanya.

Dia menambahkan, orang yang terpapar gejala klinis virus corona memiliki beberapa ciri, diantaranya gejala demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tengorokan dan letih lesu. “Selain gejala klinis, juga identifikasi pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke Cina atau kontak langsung dengan pasien terindikasi corona virus,” tambahnya.

Usai FGD, peserta lakukan sosialisasi di sekitar kampus. (Gus/PIJARNews.ID)

Lanjutnya, dia meminta masyarakat tidak perlu risau dengan berita yang beredar, apalgi khawatir berlebihan dengan penyakit ini. “Corona bisa dicegah dengan beberapa cara, misalnya sering cuci tangan pakek sabun, gunakan masker, konsumsi gizi seimbang, hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga, jangan konusumsi daging yang tidak masak, dan bila batuk pilek dan sesak nafas segara dicek ke dokter,” lanjuat dr Wida.

Usai kegiatan FGD ini, beberapa Mahasiswa terlihat melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar kampus. Dengan membawa sejumlah poster, leaflet dan handsrub sembari menyampiakan tanda gejala serta pencegahan dari bahaya virus corona, serta mereka juga tampak mengajarkan cuci tangan yang benar.

BACA JUGA :  Enam Bulan di Wuhan, Mahasiswi Asal Lamongan Ini Akhirnya Pulang Kampung

Reporter: Agus Supatma
Penulis: Agus Supatma
Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here