Tari Jathil cilik dari salah satu kelompok Seni Reog di Desa Wates. (Rif/PIJARNews.ID)

PONOROGO, PIJARNews.ID – Gelaran budaya Reog rutin dilaksanakan setiap bulan, tepatnya pada tanggal 11 di seluruh Kelurahan dan Desa di Kabupaten Ponorogo. Budaya tersebut selalu menarik perhatian dan antusiasme masyarakat yang luar biasa.

Sebagainana Reog yang diadakah oleh Desa Wates, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo pada Selasa (11/2/2020) kemarin, yang cukup menarik perhatian. Apalagi reog diperagakan oleh remaja-remaja yang berasal dari Desa sendiri.

Reog rutin ini, merupakan gagasan baru Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni beberapa saat lalu, hal ini untuk membangkitkan kembali budaya Reog di Kabupaten Ponorogo yang telah mulai redup, serta agar menarik wisatawan domestik hingga mancanegara untuk datang ke Ponorogo.

Kepala Desa Wates, Munaji menyampaikan agar Reog ini harus dilestarikan, oleh karena itu pada setiap Jum’at sore, diadakan ekstra seni tari Reog dan Jatil yang diperankan oleh anak-anak muda di Desa Wates. “Pagelaran ini untuk melestarikan warisan budaya Adiluhung agar tidak lenyap ditelan zaman, pemerintah Desa Wates juga akan terus memperhatikan kader muda pewaris masa depan seni ini,” ungkapnya.

Foto bersama dengan tim Kecamatan dan monitoring Kabupaten Ponorogo. (Rif/PIJARNews.ID)

Sukarni, selaku jajaran Pemerintah Kabupaten Ponorogo juga menyampaikan, baginya Reog merupakan warisan budaya yang berasal dari nenek moyang masyarakat Ponorogo, sehingga ia berpesan kepada anak muda untuk terus merawatnya. “Saya berpesan kepada generasi muda agar terus melestarikan budaya ini, agar selalu eksis dan dikenal masyarakat luas,” tuturnya.

BACA JUGA :  Harapkan Sinergitas Antar Jenjang, PDPM Ponorogo Adakan Seminar Pendidikan

Terahir dia juga menghimbau kepada masyarakat Desa Wates agar ikut mensukseskan program Bupati Ipong ini, dalam mewujudkan visi misinya untuk menjadikan Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius.

Reporter: Arif K Penulis: Arif K Editor: Afrizky A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here