Dari kiri: Ode Rizki Pratama, Niswatin Khasanan, Irsyad Majid, Tika Ibsani, dan Agiel Nugraha. (Tyo/PIJARNews.ID)

MALANG, PIJARNews.ID – Di penghujung periode kepemimpinan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malang Raya meluncurkan 3 buku dan 1 website dalam acara Cadre Day atau Hari Kader, Minggu (16/02/20) malam.

Buku-buku yang diluncurkan diantaranya Pedoman Pemberdayaan Masyarakat, Pedoman Immawati, dan Narasi-Narasi kecil untuk Muhammadiyah, bersamaan dengan peluncuran website yang bernama JERAMI.CO. Soft launching ini dilakukan dengan beberapa penjelasan oleh bidang terkait, diringi penampilan seni dari kader IMM Komisariat se-Malang Raya.

Niswatin Khasanah, Ketua Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat (SPM) yang membawahi peluncuran buku Pedoman Pemberdayaan Masyarakat sempat menjelaskan beberapa hal ketika diwawancarai di sela acara. “Buku ini tersusun atas amanah tanfidz Musycab, yakni menyusun konsep pemberdayaan masyarakat di wilayah Malang Raya. Konsep pemberdayaan itu akhirnya terwujud dalam bentuk buku pedoman pemberdayaan,” tuturnya.

Atin sapaan akrabnya memberi alasan lain dikeluarkannya buku pemberdayaan masyarakat, karena konsep tersebut juga masih kurang maksimal difahami oleh kader IMM Malang Raya. “Pemberdayaan memang sudah berjalan di Malang, namun masih belum maksimal. Mulai dari paradigma terkait pemberdayaan, teknis pelaksanaan hingga proses evaluasinya. Sehingga penting adanya buku pedoman pemberdayaan ini agar praksis gerakan berjalan sebaik mungkin, dan tentu agar bisa diimplementasikan,” ucapnya.

Sedangakn sebuah website merupakan output dari Darul Arqam Madya (DAM) IMM Malang Raya beberapa waktu silam. Muhammad Agiel Nugraha, Ketua Bidang Kader IMM Malang Raya yang diberi tanggungjawab atas website tersebut menjelaskan JERAMI.CO sebagai kanal menuangkan pikiran.

BACA JUGA :  Ketua FOKAL IMM Malang Raya Serukan Aktivis untuk Mendaur Ulang Semangat Pendahulu

“Nama webnya itu singkatan dari Jejaring Pemuda Berliterisasi, dan saya berharap website ini bisa mempunyai jangkauan yang luas,” pungkasnya.

Reporter: Prasetyo Lanang Penulis: Prasetyo Lanang Editor: Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here