Alfi Nurhidayat saat menjadi narasumber dalam stadium general. (BRO/PIJARNews.ID)

MALANG, PIJARNews.ID – Organisasi seni beladiri Tapak Suci (TS) Putera Muhammadiyah merupakan bagian dari dakwah Muhammadiyah dibidang olah raga yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Selain itu TS juga memiliki tujuan mulia untuk menanamkan karakter anak bangsa dengan nilai-nilai kependekaran yang terkandung didalamnya.

Perkataan diatas disampailan oleh wakil sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang Alfi Nurhidayat, saat membuka Musyawarah Daerah (Musyda) Pimpinan Daerah 229 Kabupaten Malang pada Minggu, (23/2/2020) siang di SMP Muhammadiyah 4 Singosari.

Alfi juga menyampaikan Tapak Suci yang merupakan bagian dakwah Muhammadiyah, harus mampu merekrut dan mengkader anggota mulai dari tingkat cabang hingga ranting.

“Tapak suci harus mampu menciptakan kader yang kuat dan tangguh. oleh karena sebagai organisasi kader Tapak Suci juga harus mampu membentuk dan mencetak kader hingga tingkat cabang dan ranting,” ujarnya.

Selanjutnya ia juga menyampaikan, bahwa Tapak Suci Putera Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah harus memiliki dan mengambil peran strategis untuk mewujudkan kader Muhammadiyah yang sehat jasmani dan rohani. “Baik segi seni beladiri atupun olah raganya saat bertanding,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, Alfi juga mengatakan dihadapan peserta bahwa Tapak Suci mempunyai slogan yang khas yaitu, dengan iman dan akhlak saya manjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah. “Nilai-nilai kependekaran pesilat Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang dimaksut slogan tersebut adalah jiwa kesatria dengan membela yang benar, sportif dan cinta tanah air,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Suasana Baru, IMM Al-Farabi UINSA Gelar DAD di Luar Kota
Susana Musyda III Pimda Tapak Suci Kabupaten Malang. (BRO/PIJARNews.ID)

Lebih jauh Alif juga menjelaskan bahwa di dalam anggaran dasar TS disebutkan Tapak Suci didirikan untuk mempertinggi ketahanan nasional. “Saya kira bangsa ini perlu serius mempersiapkan dan membangun pondasi mental generasi mudanya, dengan pananaman iman dan akhlaknya,” jelasnya.

Melalui Musyda III Tapak Suci Pimda 229, Alfi juga berharap agar TS mampu mempertegas peran dan fungsi di daerah Kabupaten Malang. “Saya berharap melalui aktifitas olahraga Tapak Suci dapat menjadi benteng para pemuda dari pengaruh negatif, baik dikehidupan nyata, ataupun di media sosial,” harapnya.

Terkhir Alfi selaku PDM Kabupaten Malang mengajak seluruh anggota dan kader Tapak Suci untuk bersama memberikan pengaruh postif kepada masyarakat Kabupaten Malang dalam hal apapun. Ia mengingatkan bahwa Tapak Suci harus memberikan pengaruh positif, baik di dalam internal ataupun eksternal Muhammadiyah.

Reporter: BRO Penulis: BRO Editor: Afrizky Fajar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here