Akses jalan Desa Surusunda menuju Desa Pemulihan, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. (Eko/PIJARNews.ID)

CILACAP, PIJARNews.ID – Sejumlah tenaga gabungan melakukan kerja bakti tanggap darurat jalan longsor yang terjadi di Desa Surusunda menuju Desa Pemulihan, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Sabtu (29/2/2020) pukul 08.00 WIB.

Personil yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Koramil 15 Karangpucung, Polsek Karangpucung, dan Petugas Kecamatan. Sedangkan kelompok Relawan meliputi BPBD, MDMC, Perhutani, Senkom, Tagana, RAPI, Bagana, Perangkat Desa setempat dan lainnya. Selain itu juga dibantu oleh Warga Desa Pamulihan dan Surusunda, dengan total kesemuannya sekitar ratusan tenaga kerja bakti.

Dalam teknisnya mereka secara kompak mengambil peran masing-masing, serta dibantu alat berat eskavator dan karung plastik yang disiapkan oleh BPBD. Sedangkan Warga membawa peralatan cangkul hingga bambu yang diambil di Desa Pamulihan & Surusunda, serta dibantu logistik makanan oleh Dinas Sosial.

Menurut Martono selaku Camat Karangpucung menjelaskan kerja bakti ini dilakukan untuk mengantisipasi agar badan Jalan Kabupaten Cilacap (Desa Cirelang – Pamulihan) tidak semakin parah. “Maka ini tebing sisi kanan jalan dipasang tiang pancang bambu bersusun. Selanjutnya diisi material tanah yang dimasukkan ke dalam karung plastik,” paparnya.

Tenaga gabungan saat kerja bakti. (Eko/PIJARNews.ID)

Selanjutnya untuk akselerasi penanganan, mobilisasi tanah urugan dilakukan menggunakan eskavator, kemudian tanah dipadatkan dengan stamper.

Sedangkan Tasnarto selaku Ketua LPB MDMC Kabupaten Cilacap berharap, jalan yang amblas bisa segera diperbaiki dan mendapatakan tanggapan serius dari Dinas terkait di Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA :  Ditambah 5 Juta dari Walikota, Santri Panti Asuhan Ketiban Mio di Jalan Sehat

“Hari ini kita juga belajar bagaimana sinergitas penanggulangan bencana multisekoral dilaksanakan, mulai dari TNI/Polri, Pemkab/Pemdes, Relawan & Masyarakat yang gotong royong, bekerjasama dalam perbaikan lokasi longsor,” tutupnya.

Reporter: Eko Purwanto Penulis: Redaksi Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here