Dua mahasiswi STIT Pacitan sedang menanam pohon buah. (Gemma/PIJARNews.ID)

PACITAN, PIJARNews.ID – Menanam pohon menjadi salah satu kegitan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Pacitan. Kegiatan ini dilakukan di kawasan Gunung Manggis, Dusun Ngaluran, Desa Glinggangan, Kecamatan Pringkuku, Sabtu (29/2/2020).

Sedangkan pohon yang ditanam yaitu jenis tanaman berbuah seperti Sawo Kecik dan Mentoa. Fajar Hermawan, Ketua Kelompok KKN menjelaskan jika kegiatan penanaman pohon ini ditujukan untuk mendapatkan nilai estetika (keindahan) dan penghijauan. “Terutama di daerah sekitar gunung, serta jika nanti sudah berbuah bisa dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya.

Dari kegiatan ini, mahasiswa membawa harapan agar masyarakat Desa Glinggangan bisa menjaga hutan agar tetap hijau dan rimbun. Selanjutnya bisa menjadi motivasi warga untuk melakukan reboisasi terus-menerus.

“Dari penanaman pohon ini banyak sekali manfaatnya. Selain membuat teduh dan udara semakin sejuk, dengan menanam pohon kita juga bisa memanen buah yang dihasilkannya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Wahono Kepala Desa Glinggangan juga mengungkapkan jika penanaman pohon ini semoga bisa sangat membawa manfaat, baik untuk lingkungan serta ekonomi.

“Harapannya nanti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar hutan. Seperti diketahui, pohon yang ditanam merupakan tanaman produktif yang memiliki nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Serta buahnya bisa dijadikan investasi jangka panjang desa,” papar Wahono.

Selain melakukan penanaman pohon, Mahasiswa KKN STIT Muhammadiyah Pacitan, juga melakukan pelatihan dan sosialisasi MP-ASI bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui, yang bekerjasama juga dengan pemerintah Desa Glinggangan.

BACA JUGA :  Warga Desa di Pacitan Ciptakan Bilik Sterilisasi Raksasa

Reporter: Gemma Penulis Gemma Editor: Suhartatok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here