Sambutan Pembukaan Pengasuh Ponpes Putri Al-Aqsho Babat. (Alim/PIJARNews.ID)

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Aqsho Babat, menggelar malam perpisahan santriwati kelas XII Aliyah/ tingkat SMA, Senin (3/3/2020) malam. Kegiatan yang bernama “Clossing Ceremony Of Muhadhoroh” tersebut, bertempat di Aula utama Pondok Pesantren Al-Aqsho Babat.

Acara ini rutin digelar setiap tahun dan seluruh santri ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, tak terkecuali juga para ustazah. Selain itu, untuk menambah kemeriahan acara, terdapat pentas seni dari para santriwati.

Ali Ahmadi atau yang akrab dipanggil Gus Mamak, selaku Pengasuh Pondok menyampaikan pesan pentingnya adab dalam berinteraksi dengan masyarakat umum, apalagi kelak ketika sudah lulus dari pondok. “Kalian selama tiga tahun menuntut ilmu di pondok, sudah saatnya untuk praktek langsung ilmu yang sudah didapat dari pondok untuk diterapkan dalam masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa adab kepada siapapun adalah kunci untuk bisa diterima dalam kehidupan bermasyarakat.

Santriwati saat mengikuti kegiatan. (Alim/PIJARNews.ID)

Gus Mamak juga mengingatkan jika ulama-ulama salaf sangat perhatian pada masalah adab dan akhlak. Mereka juga mengarahkan murid-muridnya untuk mempelajari adab sebelum menggeluti bidang ilmu dan menemukan berbagai macam khilaf ulama.

“Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy.
Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu”, kutipnya.

Terakhir, dia berpesan kepada santriwatinya agar jangan pernah melupakan doa orangtua untuk meraih kunci segala kesuksesan di dunia dan di akhirat. Sedangkan suasana meriah disertai haru juga tampak saat pengasuh melepas santriwati kelas XII.

BACA JUGA :  Polisi Dubes, Tutor Sebaya Pembentuk Karakter Disiplin Siswa

Reporter: Alim Penulis: Alim Editor: Afrizky Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here