Penyerahan piala bergilir juara umum Rector Cup 2019, oleh Dr. Nur Subekhi, MT. (tengah) kepada Dr. Joko Widodo, MSi untuk diperebutkan kembali pada kompetisi Rektor Cup 2020. (Bro/PIJARNews.ID)

MALANG, PIJARNews.ID – Event bergengsi tahunan Rektor Cup Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) resmi dibuka oleh Asisten Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr. Joko Widodo, M.Si. Seluruh kontingen perwakilan fakultas turut memeriahkan acara pembukaan di Hall Dome, Rabu (4/3/2020).

Ajang perlombaan ini sudah digelar sejak tanggal 14 Februari 2020 kemarin, dan berakhir pada 4 April 2020 mendatang. Dengan mengusung tema “Prestasi dan Internasionalisasi”, perlombaan tahun ini diikuti oleh 64 cabang perlombaan dari 24 unit kegiatan mahasiswa.

Joko mengatakan bahwa, para peserta berkompetisi memperebutkan piala bergilir Rektor UMM. “Pada tahun ini antusias dari para kontingen sangat besar. Mereka terlihat tidak sabar untuk menjadi perwakilan terbaik dalam even ini. Saya harap para atlet dan peserta akan menjunjung tinggi sportifitas,” ucapnya saat membuka acara.

Seperti slogan dalam berkompetisi, “Tiada hari tanpa prestasi, Tiada prestasi yang tak dihargai”, kegiatan Rektor Cup dijadikan sebagai ajang pembuktian potensi diri. Para kontingen sudah mempersiapkan diri dan memulai proses seleksi dimasing-masing fakultas, dengan harapan perlombaan kali ini akan melahirkan para calon bintang yang mumpuni di bidangnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena terdapat cabang perlombaan baru, yakni Race Boat yang diselenggarakan oleh DIMPA UMM dengan menggunakan danau yang merupakan bagian dari fasilitas kampus. Selain itu terdapat E-Sport Exibition dengan membuka cabang turnamen game elektronik PUBG dan Mobile Legend.

Dalam sambutannya, Ketua Penyelenggara Rector Cup 2020, Frendy Arufantiro, S.Pd M,Pd menyatakan empat tahun terakhir dari data kemahasiswaan, UMM mengalami kenaikan yang sangat pesat untuk keterlibatannya dalam ajang setingkat nasional. Dari sebelumnya peringkat 50 ke atas, di tahun 2019 peringkat UMM sudah mencapai urutan ke 26 dari total 4000an peserta se-Indonesia.

BACA JUGA :  Medical Check Up, Perguruan Muhammadiyah Kenep Fasilitasi Para Murid

“Selama ini kegiatan Rector Cup selalu dimaknai mahasiswa dengan cakupan yang sempit. Padahal banyak sekali prestasi di kancah nasional maupun internasional berawal dari kegiatan ini,” tambahnya.

Even Rektor Cup tahun 2019 lalu, Fakultas Teknik UMM yang menjadi juara umumnya dan mendapatkan piala bergilir. Dr. Nur Subekhi ST. MT., Wakil Dekan 3 FT UMM, yang membidangi kemahasiswaan mengatakan, tahun ini piala bergilir tersebut diperebutkan kembali pada kompetisi Rector Cup 2020.

“Tahun lalu kami yang mendapatkan piala bergilir juara umum Rector Cup 2019. Alhamdulillah, mahasiswa kami yang ikut kompetisi mendapatkan banyak kemenangan dan juara,” ujarnya.

Ia juga berharap semoga sekarang, bisa lebih baik dan memang lebih banyak cabang kompetisi, maka otomatis partisipasinya semakin banyak dan meningkat,” tambahnya setelah piala tersebut diserahkan.

Selanjutnya Nur yang juga sebagai dosen mengatakan bahwa, UMM dengan adanya even tahunan seperti ini menjadi lebih banyak memunculkan potensi mahasiswa baik dibidang akademik ataupun non akademik yang dimiliki, pungkasnya.

Dalam kompetisi Rector Cup 2020 kali ini, Nur Subekhi menekankan dalam berkompetisi harus menjaga sportifitas dan mengikuti aturan main. “Saya selalu mensupport kompetisi yang sportif, serta mengikuti aturan mainnya. Dengan begitu kompetisi Rector Cup ini bisa berjalan dengan baik, dan memunculkan potensi mahasiswa UMM,” katanya kepada seluruh mahasiswa peserta kompetisi.

Oleh karena itu, pada even ini mahasiswa yang mempunyai bakat akademis maupun non akademis tidak boleh menyia-nyiakan kegiatan ini. Apresiasi penuh diberikan kepada seluruh mahasiswa yang sudah mau berlatih dan mengasah kemampuan.

Reporter: Bro Penulis: Redaksi Editor: Afrizky Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here