Proses pembuatan pupuk organik. (Icuk/PIJARNews.ID)

PONOROGO, PIJARNews.ID – Untuk meningkatkan kualitas pertanian, Dinas Pertanian Ponorogo melakukan penyuluhan pupuk organik di Desa Sidoharjo, Selasa (10/3/2020). Bekerja sama juga dengan Pemerintah Desa Sidoharjo, kegiatan ini dilakukan setelah terbentuknya kelompok tani (Poktan) wanita – Surya Sembada – di Dukuh Plosorejo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Giat ini diikuti oleh 54 anggota Poktan yang berlangsung lancar dan penuh antusias. Menurut Brian Handika, Kepala Desa Sidoharjo, “Ini merupakan kelompok baru, yang sebelumnya sudah ada tujuh kelompok tani, sehingga saat ini menjadi delapan dengan Surya Sembada,” jelasnya.

Dia juga berharap program penyuluhan seperti ini bisa diselenggarakan secara rutin, agar ke depan bisa meningkatkan kualitas pertanian di Sidoharjo.

Foto bersama Kelompok Tani Wanita, Dinas Pertanian, dan Kepala Desa. (Icuk/PIJARNews.ID)

Senada juga Sri Murdo, bagian dari anggota kelompok tani yang mengungkapkan rasa bahagianya, “Semua anggota terlihat antusias dengan program pembuatan pupuk ini, termasuk saya. Selain menambah pengetahuan, kita juga berharap lain waktu bisa membuat pupuk sendiri di rumah untuk digunakan. Sehingga kita juga bisa lebih hemat tanpa membeli pupuk,” katanya.

Sedangkan Dinas Pertanian Ponorogo dalam agenda ini juga membagikan benih cabe dan terong kepada seluruh anggota Poktan, dengan dibantu pemerintah Desa yang memberikan polyback.

Reporter: Icuk Penulis: Redaksi Editor: Suhartatok

BACA JUGA :  Cegah Wabah DB, PAC GP Ansor Bersama Mahasiswa UM Ponorogo Adakan Sarasehan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here