Suasana penyuluhan kesehatan oleh RS. Arsy di Masjid Al-Manar. (Fauzi/PIJARNews.ID)

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Dalam upaya mencegah penularan pandemik Covid-19 yang sekarang telah menginfeksi 227 orang, Pondok Pesantren/Ponpes Karangasem Kabupaten Lamongan menggelar penyuluhan kesehatan pada, Selasa (17/03/2020) di Masjid Al-Manar.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh santriwan dan santriwati, serta masyarakat sekitar. Mereka semua berkumpul, untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam pencegahan dan penanganan virus Covid-19.

Penyuluhan ini merupakan kerjasama antara Pengasuhan Santri dengan Rumah Sakit Arsy Ponpes Karangasem. Dalam pemaparannya mengenai Covid-19, dr. Firda selaku penyuluh kesehatan menjelaskan tentang Covid-19, mulai dari asal usul virus, gejala, penyebaran, dan cara pencegahannya melalui ilustrasi video edukasi.

Selian itu, ia juga memperagakan bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar, etika batuk dan bersin, teknik penggunaan masker, hingga beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menginggkatkan imunitas tubuh.

“Untuk meningkatkan imunitas tubuh, kita harus menjaga kesehatan diri seperti rutin berolahraga serta menjaga kebersihan lingkungan. Dan jagan lupa untuk memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan”, ujarnya.

Hasan Ubaidillah selaku kepala unit pondok, menerangkan jika penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan agar santri dan masyarakat dapat memahami gejala, penyebaran, dan, pencegahan Covid-19. “Ini merupakan tindakan preventif pesantren dalam pencegahan virus, serta menerapkan pola hidup sehat di lingkungan Ponpes Karangasem”, paparnya.

Reporter dan Penulis: R. Fauzi FuadiĀ  Editor: Afrizky Fajar

BACA JUGA :  Ratusan Nakes di Malang Belum Menerima Insentif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here