Pemeriksaan pada setiap kedatangan PPS dalam pelantikan PPS di Pendopo Kecamatan Solokuro, Lamongan. (Hendra/PIJARNews.ID)

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan telah dilantik pada Minggu (22/3/2020). Pelantikan yang digelar di Pendopo Kecamatan ini diikuti sebanyak 30 calon PPS dari 10 Desa yang ada di kecamatan Solokuro. Selain itu, pelantikan ini dihadiri oleh Danramil, Polsek Solokuro dan Muspika Kecamatan Solokuro yang turut menyaksikan pengambilan sumpah anggota PPS.

Berbeda dari pelantikan biasanya, di sini setiap orang yang datang untuk mengikuti pelantikan, sebelumnya wajib melakukan tes suhu badan atau kesehatan oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Solokuro. Hal ini guna memastikan dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sudah mewabah di beberapa daerah di Indonesia.

Ketua PPK Kecamatan Solokuro, Firman Haqiqi menyampaikan bahwa, calon PPS tetap dilantik sesuai instruksi dari KPU Kabupaten Lamongan. “Kegiatan pelantikan dilaksanakan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Lamongan. Meski dalam suasana pandemi COVID-19, namun pelantikan dan pengambilan sumpah PPS tetap dilaksanakan dengan disediakan hand sanitizer“, ungkapnya.

Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah PPS di Pendopo Kecamatan Solokuro, Lamongan. (Hendra/PIJARNews.ID)

Ia juga menambahkan bahwa posisi duduk para hadirin juga diatur agak berjauhan, dan juga adanya pengecekan suhu kepada setiap yang hadir di acara, yang dilakukan oleh Dinkes dari Puskesmas Kecamatan Solokuro.

Tidak hanya itu saja, menurut Firman pelantikan dan pengambilan sumpah PPS pun sengaja berlangsung singkat, tidak sampai 30 menit. Hal ini dilakukan agar menjaga dan menghindari penyebaran wabah COVID-19 yang sudah melanda berbagai daerah.

BACA JUGA :  Siapa Yang Tepat Menggantikan Risma? Berikut Rilis JAMPAD

“Di Lamongan sendiri, tercatat ada 15 orang yang masuk status orang dalam pemantauan (ODP) sejak 22 Maret 2020 pukul 10:00 WIB, atau berdasarkan update dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan”, tutup Firman.

Reporter dan Penulis: Hendra Hari Wahyudi Editor: Afrizky Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here