Tim MDMC Bojonegoro foto bersama setelah penyemprotan cairan disinfektan. (Khoiris/PIJARNews.ID)

BOJONEGORO, PIJARNews.ID Merespon himbauan dari Pemkab Bojonegoro untuk menjaga kebersihan terkait pencegahan virus Corona, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Bojonegoro telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tiga Kecamatan meliputi Kapas, Sumberrejo dan Kanor, sejak Jum’at (20/3/2020) lalu.

Seperti saat dilakukan di Kecamatan Kapas pada Ahad (22/3/2020) kemarin. Cairan disinfektan disemprotkan di lima Desa sesuai dengan usulan Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Kapas, antara lain Desa Kapas, Desa Semenpinggir, Desa Bakalan, Desa Plesungan, dan Desa Kedaton.

“Penyemprotan ini dilakukan di beberapa tempat ibadah dan lembaga pendidikan. Semoga bisa menjadi bagian kontribusi MDMC dalam upaya meminimalisir resiko penyebaran COVID-19”, terang Ketua Tim MDMC Bojonegoro, Hariyanta.

Sedangakan sarana ibadah yang disemprot juga tidak memandang golongan. “Karena kerja kemanusiaan itu tak ada sekat pembeda”, imbuhnya. Ia bahkan mengungkapkan jika MDMC Bojonegoro siap mengambil bagian dalam peyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Kabupaten sesuai permitaan masyarakat.

Namun sementara penyemprotan difokuskan pada tempat ibadah dan lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal. Dalam giat ini, MDMC juga dibantu oleh Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Kapas dan Masyarakat sekitar.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Kapas, Muhammad Yusron berharap dengan penyemprotan ini, tempat-tempat ibadah menjadi steril, lalu jamaah hanya tinggal melaksanakan pola hidup bersih, minimal dengan cuci tangan dengan sabun antiseptik.

“Semula kami mengajukan 35 titik kepada MDMC, tetapi di lapangan banyak masyarakat yang merespon, sehingga menjadi 48 titik. Jika diukur total luas penyemprotan yang dilakukan sekitar lebih dari sepuluh ribu meter persegi”, pungkas Yusron.

BACA JUGA :  Ustaz Al-Habsyi: Segala Perbuatan Baik adalah Shodaqoh

Reporter dan Penulis: Ahmad Khoiris Editor: Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here