Apel persiapan sebelum berangkat melakukan penyemprotan cairan desinfektan. (Arif Kurniawan/PIJARNews.ID)

MADIUN, PIJARNews.ID – Sejumlah relawan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Madiun, turut mencegah penyebaran virus Corona. Mereka turun langsung di semua Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), dengan cara mengedukasi pola hidup sehat dan membuat cairan disinfektan. Hal itu juga disertai dengan aksi penyemprotan langsung, Rabu (25/03/2020)

Ketua PDPM Kota Madiun, Taufik Rahman Luis mengatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah,  KOKAM dan SAR yang bekerjasama dengan Lembaga Amal Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) membawa alat penyemprot dan mengerahkan petugas dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD).

“Kami berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Islamic Centre Madiun (ICM), Masjid, Sekolah PAUD sampai Perguruan Tinggi, serta rumah warga sekitar di Kota Madiun”, ujarnya.

Taufik juga menuturkan PDPM Kota Madiun yang bekerjasama dengan Lazismu mendapat dukungan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Madiun. Karena mereka sama-sama ingin melakukan tindakan nyata dalam penanggulangan Covid-19 yang terus mewabah luas.

“Sebagai antisipasi kasus Covid-19 yang terus meningkat, maka penyemprotan ini dilakukan untuk menekan potensi penularan yang lebih luas. Agenda penyemprotan ini akan kami lakukan berkeliling ke seluruh AUM dan fasilitas umum yang sudah terjadwal,” terangnya.

Penyemprotan di BA ‘Aisyiyah 3 Kota Madiun. (Arif Kurniawan/PIJARNews.ID)

Usman Thomas selaku Koordinator KOKAM dan SAR menambahkan, beberapa sasaran lokasi penyemprotan disinfektan antara lain Sekolah, Masjid, dan Kantor Muhammadiyah di Kota Madiun.

BACA JUGA :  COVID-19; Refresh dan Upgrade Kehidupan

“Penyemprotan sudah kita lakukan sebelumnya dan akan terus kita lakukan untuk menyisir sebanyak mungkin tempat-tempat yang berpotensi dijadikan berkumpulnya banyak orang. Ditambah lagi banyak permintaan diluar titik penyemprotan yang terjadwal,” imbuhnya.

Pemuda Muhammadiyah membuka layanan penyemprotan disinfektan melalui nomor telepon/WA 081216086887. Tentunya akan mengatur jadwal penyemprotan sekaligus memberikan edukasi warga.

“Aksi para relawan Pemuda Muhammadiyah Kota Madiun ini tidak dipungut biaya, karena ini merupakan ikhtiar kita untuk mencegah penyebaran virus Corona,” pungkas Usman.

Reporter dan Penulis: Arif Kurniawan Editor: Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here