PIJARNEWS.ID-Kota Batu yang merupakan kota destinasi wisata, kedepan akan semakin banyak jalur yang memudahkan untuk memilih akses menuju tempat-tempat hiburan wisata yang disajikan oleh Kota Wisata Batu (KWB) yang khas berhawa dingin dan sejuk tersebut.

Hal ini bisa dilihat dari intensitas pembangunan yang dilakukan oleh kota Batu terutama yang disekitar maupun didalam kota Batu sendiri. Baik jalan utama kota ataupun jalan propinsi yang menuju Kota Batu.

Khusus untuk Kota Batu, rencana semula, jalan yang dilintasi jalur propinsi di Kota Batu hanya sekitar 2,43 KM yang berada di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Menurut, Kabid Binamarga PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat MT, rencana pembangunan jalan tembus tersebut masih belum final. Pasalnya saat ini masih menunggu kelanjutan dari Pemerintah Provinsi Jatim.

“Untuk pembangunan Tol Sukorejo (red. Pasuruan) – Lawang – Kota Batu otoritasnya lebih pada Pemprov Jatim. Namun secara substansi kami (red. Kota Batu) mendukung program ini. Karena dengan dibukanya jalan Tol Sukorejo (red. Pasuruan) – Kota Batu akan mengurai kemacetan yang ada,” ujar Alfi kepada pijarnews.id, Selasa (15/1/2019), di kota Batu.

Ia menjelaskan lebih lanjut, semula jalan tol ini direncanakan sepanjang kurang lebih 45 Km dengan melintasi 3 pemerintah daerah, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Untuk jalan yang akan dilintasi di Kota Batu, yaitu Jalan Tembus rencana semula hanya sekitar 2,43 Km dan berada di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.
“Tapi sekali lagi ini belum final. Karena program ini otoritas Pemprov Jatim yang sekarang sepertinya masih dikaji ulang. Apalagi sekarang sudah direalisasikan Jalan Tol Surabaya – Malang. Artinya lonjakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu semakin banyak pula,” paparnya. “Dan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga kota Batu dan sekitarnya,” tambahnya.

BACA JUGA :  Aksi Getol, Ribuan Massa Buruh-Mahasiswa Tumpah di Bundaran Waru

Sementara itu, jalan tol Surabaya – Malang terus dikerjakan sambil menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah provinsi Jatim, Alfi terus membuat perencanaan teknis dan antisipasi jika sudah mendekati dengan jalan utama yang sudah disiapkan untuk disambungkan dengan jalur tol tersebut. “Jika jalan tol Surabaya-Malang sudah siap, pastinya jalur ke Batu juga siap,” pungkasnya. (Wok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here