RESMI: Penyerahan KMA alih status 9 perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIS) di Indonesia melalui video conference. (Gemma Gita Reformasi/PIJARNews.ID)

PACITAN, PIJARNews.ID – Kabar bahagia datang dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Pacitan, karena kampus yang sudah berdiri selama kurang lebih 53 tahun ini berubah status menjadi Institut Islamic Studies (IIS) Muhammadiyah Pacitan, Jum’at (8/5/2020) diresmikan melalui video conference.

Drs. H. Syamsudin, M.Ag selaku Rektor IIS Muhammadiyah Pacitan memohon dukungan, arahan, dan support dari para tokoh, beserta semua masyarakat Pacitan. “IIS merupakan satu-satunya institut yang baru lahir di Pacitan, sekaligus sebagai batu loncatan jauh ke depan untuk perkembangan dunia pendidikan tinggi di Pacitan, melengkapi Kota 1001 Goa yang tidak hanya sebagai destinasi wisata, tetapi juga kota pendidikan”, ujarnya.

Sedangkan Ahmadi, M.Pd.I selaku Wakil Rektor I IIS Muhammadiyah Pacitan menceritakan, jika perguruan tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 1968, sehingga telah lama berkiprah dalam membentuk banyak tokoh masyarakat di luar maupun di dalam Kabupaten Pacitan.

“Pada tahun 2018 kami mendapat kepercayaan dari Pemprov Jawa Timur untuk mengelola beasiswa sarjana guru pesantren dan Madin di Jatim. Lalu pada tahun 2019 kami juga mendapat amanah dari pemerintah pusat sebagai pengelola beasiswa bidik misi”, tambahnya.

Sedangkan untuk peresmian alih status STIT menjadi IIS ini, kata Ahmadi, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 362 Tahun 2020 dan dilakukan melalui video conference bersama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) Kementerian Agama (Kemenag) RI. “Penyerahkan salinan Keputusan Menteri Agama (KMA) alih status STIT Pacitan dilakukan oleh Prof. Arsekal Salim selaku Direktur Diktis kepada Pimpinan Insitut Islam Studies Muhammadiyah Pacitan”, jelasnya

BACA JUGA :  Resmi Dilantik, Ali Zulkarnain Sampaikan Program Kepemimpinannya untuk PDPM Bojonegoro

Apresiasi juga datang dari Dr.  M.  Yunus Abu Bakar selalu Sekretaris Kopertais IV Surabaya, dia mengucapkan selamat atas perubahan PTKIS tersebut, dan berharap bisa menjadi tonggak kemajuan pendidikan tinggi Islam di Provinsi Jawa Timur.

Kebahagiaan ini juga diungkapkan Dr. H. Muh. Mustakim selaku Wakil Rektor III. “Terimakasih untuk semua pihak atas kerja keras dan do’a restunya, sehingga kita mendapatkan anugerah di bulan suci ramadhan ini dengan resminya status STIT Muhammadiyah Pacitan menjadi Institut Islam Studies Muhammadiyah Pacitan”, tutupnya.

Perlu diketahui Institut Islam Studies  Muhammadiyah Pacitan telah memiliki 3 Fakultas dan 6 program studi (Prodi). Pertama, Fakultas Tarbiyah yang terdapat Prodi Pandidikan Agama Islam (PAI),  Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru MI/SD (PGMI-SD), dan Pendidikan Islam untuk Anak Usia Dini (PIAUD) atau disebut PGRA.

Kedua, Fakultas Ekonomi Islam terdapat Prodi Ekonomi Syariah, lalu. Ketiga, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam terdapat Prodi Pengembangan Masyarakat Islam atau Kesejahteraan Sosial (KESOS).

Reporter: Gemma Gita Reformasi Editor: Afrizky Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here