Maulida Puji Ayu K, Amd.Keb. (Dok. Pribadi/PIJARNews.ID)

Oleh: Maulida Puji Ayu K, Amd.Keb*

PIJARNews.ID – Berpuasa, bagi sebagian orang terutama bagi Ibu hamil (Bumil) atau menyusui, biasanya terasa sangat berat. Sehingga bagi mereka – Bumil dan Ibu Menyusui –  mendapat rukhsah atau keringanan untuk tidak berpuasa, namun tetap wajib menggantinya dengan qadha atau bayar fidyah. Tetapi jika Bumil atau menyusui tetap ingin berpuasa, itu juga lebih baik.

Tips untuk Ibu Hamil

Beberapa tips bagi Bumil saat berpuasa agar nyaman dan rileks. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan antara lain: 1) Konsultasikan kondisi pada dokter. 2) Cukupi kebutuhan cairan tubuh minimal delapan gelas per hari. 3) Terapkan gizi seimbang dan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti gandum, oatmeal, nasi merah. Mengandung protein tinggi seperti telur, daging ayam, keju, tahu dan kacang-kacangan, dan. Mengandung serat seperti brokoli, wortel, bayam, apel dan stroberi.

Lalu agar moms lebih berenergi sepanjang hari, beberapa langkah yang perlu diperhatiakn adalah: 1) Hindari makanan pedas dan berminyak. 2) Minum susu hamil saat sahur dan berbuka. 3) Konsumsi vitamin dari dokter. 4) Istirahat cukup. 5) Evaluasi gerakan janin minimal 10x/12 jam

Tips untuk Ibu Menyusui

Sedangkan bagi para Ibu menyusui yang ingin berpuasa, pastikan kondisi si kecil baik, berat badan (BB) bayi normal atau jika sudah mulai makanan padat, maka harus diperhatikan: 1) Pola makan cukup dan gizi seimbang. 2) Cukupi cairan minimal delapan gelas, bisa juga ditambah buah dan sayur serta makanan berkuah terutama untuk sahur. 3) Perbanyak serat terutama jika punya gangguan lambung. 4) Tetap rutin menyusui dan memerah Asi, dan. 5) Istirahat cukup.

BACA JUGA :  Dampak PSBB, Pemuda di Madura Dirikan Posko Dapur Umum

Tips Puasa Nyaman Ditengah Pandemi

Puasa sebenarnya tidak akan melemahkan daya tahan tubuh, sebaliknya puasa jika dilakukan dengan benar justru memperkuat daya tahan tubuh. Dan inilah tips puasa sehat saat pandemi Covid -19, agar ramadhan kita sehat dan berkah: 1) Konsumsi protein hewani saat sahur untuk energi jangka panjang, konsumsi karbohidrat dan lemak yang cukup, dan tidak langsung tidur setelah sahur atau utamakan beraktivitas. 2) Tidak berlebihan makan makanan manis saat berbuka, konsumsi takjil terlebih dahulu, makan nasi setengah porsi sudah cukup.

3) Kurangi memilih makanan yang manis, asin, dan berlemak. 4) Banyak makan makanan yang berserat misalnya sayur dan buah. 5) Waktu berbuka puasa mulai dengan segelas air hangat dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, seperti kurma. 6) Puasa bukan berarti menambah porsi makan malam, namun makan malam dengan porsi yang sesuai dan bergizi seimbang.

7) Beraktivitas seperti hari biasa. 8) Puasa bukan alasan kita untuk bermalas-malasan. 9) Istirahat cukup. 10) Atasi stress dengan memperdalam dan memperbanyak ibadah (jangan tinggalkan ibadah wajib, perbanyak ibadah sunnah). 11) Tetap terapkan social distancing dan physical distancing. Semoga bermanfaat.

*) Bidan RS PKU Muhammadiyah Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here