Wagub Hadi Mulyadi didampingi Sekda dan Kadinkes Kaltim saat meresmikan Labkesda. (R. Fauzi/ PIJARNews.ID)

SAMARINDA, PIJARNews.ID – Setelah sekian lama harus menunggu hasil tes swab Covid-19 dari Jakarta dan Surabaya yang memakan waktu dan biaya yang cukup besar, Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) telah meresmikan penggunaan alat tes polymerease chain reaction (PCR) pada Selasa (2/6/2020).

Kabar ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Kaltim yang telah memiliki alat cartridge PCR untuk membaca hasil tes Covid-19 secara cepat. Pengoprasian alat sepanjutnya akan ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), diresmikan dengan pemotongan pita oleh Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, didampingi juga oleh Sekda Provinsi Kaltim H. M. Sa’bani, dan Plt Kadinkes Kaltim Andi M Ishak.

Sesuai dengan pemaparan Humas Pemprov Kaltim, Wagup Kaltim Hadi Mulyadi dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas kesiapan alat tes PCR di Labkesda guna mempercepat penanganan Covid-19 di Kaltim.

“Syukur alhamdulillah, baru saja saya meresmikan penggunaan mesin PCR Covid-19. Ini merupakan sebuah kemajuan di laboratorium kesehatan kita. Dimana, PCR ini melengkapi laboratorium bio molekuler untuk pemeriksaan virus corona. Semoga ini dapat mempercepat pekerjaan-pekerjaan kita”, sambutnya.

Keberadaan alat ini, dikabarkan juga dapat mendukung analisa proses pertumbuhan, perkembangan, penyebaran, pelandaian, hingga penurunan angka penularan dan penderita Covid-19 dengan baik.

Setelah diresmikan, mesin ini akan segera digunakan. Sehingga seluruh hasil swab masyarakat Kaltim dapat diuji secara mandiri dan tidak perlu lagi dikirim ke Surabaya dan Jakarta.

BACA JUGA :  Lorong Gelap Demokrasi Kita

“Karenanya kita harus mensyukuri alat ini, selain akan memangkas waktu dan biaya, juga bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit lain. Sebab selepas pandemi ini mesin bisa digunakan untuk mendiagnosa penyakit seperti TB dan Malaria. Jadi alat ini memang sangat perlu untuk diadakan, karena memang sangat dibutuhkan”, pungkasnya.

Editor: Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here