Muhammad Iswansyah (kanan), koordinator tim website mahasiswa UMM saat menunjukkan website galang dana untuk Kalimantan Utara (Ade/PIJARNews.ID).

MALANG, PIJARNews.ID – Berbagai upaya membangun solidaritas untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 terus berdatangan. Kali ini datang dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang luncurkan website untuk menggalang dana (Crowdfunding), website ini mereka beri nama Kaltara Bersama.

Muhammad Iswansyah, ketua koordinator tim menjelaskan, Kaltara Bersama adalah sebuah crowdfunding sosial yang hasilnya akan disalurkan ke masyarakat terdampak Covid-19.

“Kami salurkan berupa box makanan atau bahan pokok makanan yang bergizi sempurna, tentunya masih perlu bantuan dari banyak orang”, ujarnya saat dihubungi PIJARNews.ID, Jum’at (26/06/2020).

Iswansyah yang tengah mengikuti program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM ini menambahkan, ide ini muncul bersama 4 orang temannya yakni Selvy Athia Zainun Faqiha, Mufid Zukhruf Bahtiar, Chechyl, dan Asyifah Aulia Putri Ramadhina.

“Sebagai bentuk gotong royong untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19”, imbuh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil itu.

Selain karena prihatin dengan dampak Covid-19, tujuan mereka dipertegas oleh Drs. Moh. Jufri, selaku dosen pembimbing, Kaltara Bersama tercipta sesuai dengan tujuan Program PMM UMM yaitu memberi manfaat kepada masyarakat.

“UMM sangat mendukung kreativitas dan inovasi yang dimiliki oleh mahasiswa yang memberi manfaat kepada masyarakat. Namun segala aksi nyata ini harus tetap menjaga nama baik kampus,” kata Jufri yang merupakan dosen Teknik Mesin ini.

Hadirnya Kaltara Bersama akan mempermudah masyarakat yang ingin berbagi. Para donatur bisa langsung masuk ke website KaltaraBersama.com. Akan muncul beberapa kolom yang harus diisi seperti nama, jumlah donasi, nomor telepon atau email yang berfungsi untuk mendapatkan resi konfirmasi pembayaran donasi. Jika telah melakukan pembayaran, otomatis sistem mengecek melalui tiga digit terakhir nominal agar donatur tidak perlu mengkonfirmasi pembayaran lagi.

BACA JUGA :  Meriahkan Hari Santri, PAC GP Ansor Wonocolo Adakan Jalan Sehat

Iswansyah dan timnya berkomitmen untuk mengedepankan kehati-hatian dalam menjalakan website ini. Terutama mengedepankan prinsip transparansi keuangan.

“Walaupun ada layanan konfirmasi otomatis, Kaltara Bersama tetap membuka layanan konfirmasi manual melalui kontak yang tersedia. Selain itu, setiap donasi yang masuk atau pengeluaran juga akan terupdate otomatis di website sehingga transparansi menjadi kunci dari crowdfunding sosial ini”, pungkasnya.

Bentuk website KaltaraBersama.com (Ade/PIJARNews.ID).

Sedikit berbeda dengan website crowdfundung pada umumnya, Kaltara Bersama juga menghadirkan berita-berita positif dan informatif terkait penanganan Covid-19 yaitu bagaimana mengatasi dampak buruk psikologis bagi masyarakat terdampak Covid-19. Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan informasi jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Utara selaku organisasi perangkat daerah (OPD) mengapresiasi ide kreatif yang digagas oleh mahasiswa UMM ini.

“Kami berharap dengan adanya upaya ini dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini”, ungkap A.M. Santiaji Pananrangi, kepala pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Utara.

Santiaji juga berterimakasih kepada UMM yang telah melaksanakan program PMM. “Pandemi Covid-19 ini menantang kita semua untuk berinovasi bagaimana membangun teknologi informasi tentang penanganan bencana di daerah Kalimantan Utara. Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut”, pungkasnya.

Reporter: Ade Candra Editor: Agiel LP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here