Suasana rapat pleno verifikasi faktual PPK kecamatan Solokuro, kabupaten Lamongan untuk dukungan Bapaslon Perseorangan pada Pilkada Serentak tahun 2020 - (Hendra Hari Wahyudi/PIJARNews.ID).

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 kini telah melewati tahapan verifikasi faktual untuk dukungan pasangan calon perseorangan dan dilakukan rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual.

Karena dilakukan secara serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan juga melakukan Rapat Pleno Terbuka di setiap kecamatan. Salah satunya di kecamatan Solokuro, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlihat melaksanakan agenda serentak tersebut.

Bertempat di Pendopo Kecamatan Solokuro (15/07/2020), mereka memplenokan data verifikasi faktual  secara sensus sejak tanggal 29 Juni – 12 Juli 2020. Rapat pleno dihadiri oleh Muspika Kecamatan Solokuro, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) beserta Pengawas Desa/Kelurahan (PKD), Liaison Officer (LO) dari Bapaslon Perseorangan, dan juga seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Solokuro.

Pleno berlangsung dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Rapat dimulai dengan sambutan dari Muspika dan PPK Solokuro, kemudian dilaksanakan pleno yang dipandu oleh Nasruddin, Devisi Teknis PPK Solokuro.

Setiap PPS dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Solokuro maju satu persatu untuk membacakan hasil verifikasinya di lapangan. Hingga selesai membacakan berita acara dari hasil verifikasi faktual di lapangan, tidak ada sanggahan dari Panwascam ataupun LO.

Nasruddin menyampaikan bahwa ia sangat lega dan tenang karena pleno dapat berlangsung dengan baik. “Alhamdulillah saya merasa tenang, karena kita semua dapat melalui pleno ditingkat kecamatan, khususnya Kecamatan Solokuro berjalan dengan baik dan kondusif,” terang pria lajang asal Desa Takerharjo ini.

BACA JUGA :  KPU Kabupaten Malang Mulai Lakukan Uji Publik DPS

Lelaki yang akrab disapa dengan panggilan Madas ini juga sangat mengapresiasi kinerja PPS, “Ini semua berkat kerja keras dan integritas dari kawan-kawan PPS, selain itu juga adanya komunikasi yang baik antara PPS, PKD, dan juga LO di lapangan. Serta PPK dan Panwascam yang selalu berkoordinasi dengan baik, serta dengan LO kecamatan”, tambahnya.

Penerimaan Berita Acara dari PPK Solokuro kepada Panwascam dan LO Bapaslon Independent Pilkada Lamongan tahun 2020 – (Hendra HW/PIJARNews.ID).

Nasruddin mengingatkam kepada teman-teman PPS dan PPK, jika masih akan melalui berbagai tahapan. “Jadi teman-teman semua harus tetap semangat, karena mulai hari ini (15/07/2020) ada Gerakan Klik Serentak yang dimana kita dapat mencari tahu apakah kita sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, dengan mengunjungi laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id“, terangnya.

Sehingga tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020, kata Nasruddin, adalah tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di tingkatan Desa.

“Jadi, teman-teman PPS, PPDP, dan seluruh penyelenggara serta Pengawas Pemilu agar tetap semangat dan menjaga kesehatan. Mengingat masih belum berakhirnya masa pandemi Covid-19. Maka ketika melakukan tugas harus mengedepankan protokol kesehatan sebagaimana prinsip penyelenggara Pilkada lanjutan yang tercantum dalam pasal 2 ayat (2) Peraturan KPU No. 6/2020”, tutupnya.

Reporter: Hendra Hari Whyudi Editor: Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here