PIJARNEWS.ID Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mengadakan Sosialisasi Tahapan Pendadaftaran KPU Kabupaten/Kota Periode 2019-2024 di Hotel Sun City Kota Madiun, Sabtu, (13/4/2019).

Hadir dalam kesempatan itu Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan, Tim Seleksi KPU Zona 4, Tim Kesekretariatan KPU Jatim. Tidak kurang dari 50 orang dari LSM NGO, Perguruan Tinggi, OKP dan Organisasi Masyarakat (Ormas) NU, Muhammadiyah, IMM, PMII, GMNI, HMI, Nasyiatul Aisyiah, Fatayat, GP Ansor, Pemuda Muhmmadiyah, KNPI dan lain-lain yang tersebar disekitar Zona 4 yang meliputi Ponorogo, Magetan, Pacitan, Kota/Kab Madiun.

Dalam sambutannya Insan Qoriawan mengatakan,kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari tahapan agenda Tim Seleksi rekrutmen Anggota KPU Kota/ Kabupaten yang sudah di umumkan di media massa dan website KPU Jatim.

Insan menambahkan model rekrutmen anggota KPU tingkat Kota/Kab di Jawa Timur periode ini berbeda dengan periode lalu. Periode sekarang rekrutmen dibagi ke dalam 7 Zona Se- Jatim dan langsung dibawa wewenang atau diambil alih oleh KPU RI termasuk rekrutmen Tim Sel KPU, sementara KPU Jatim sebagai fasilitasi.

Lebih lanjut Insan mengatakan bahwa sosialisai ini sangat penting, selain sebagai bagian dari amanat Undang-undang, harapnya adalah agar ada peningkatan partisipasi tokoh- tokoh masyarakat yang mendaftar KPU sehingga lebih banyak pilihan untuk mencari komisioner yang berkualitas.

Menurut Ketua Timsel IV Bambang Heri Irwanto, SH menjelaskan tahapan seleksi sebagai berikut Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15-25 April 2019 dibuka pukul 08.00-16.00 WIB, untuk pengiriman lewat pos, cap pos paling lambat tanggal 23 April 2019. Dalam seleksi ini dilaksanakan dengan sistem gugur. Adapun tahapannya, Penelitian dilaksanakan tanggal 16 sampai 29 April 2019. Pengumuman Penelitian Administrasi dilaksanakan tanggal 30 April 2019. Tes tertulis metode Computer Assisted Test (CAT) dilanjutkan pengumuman 2 sampai 6 Mei 2019. Selanjutnya tes Psikologi dilaksanakan tanggal 8 sampai 12 Mei 2019 dan hasilnya diumumkan 13 Mei 2019. Adapun tes kesehatan dilaksanakan tanggl 14 sampai 18 Mei 2019, tes wawancara dilaksanakan 20 sampai 24 Mei 2019. Dan, pengumuman Calon Anggota KPu Kabupaten/Kota periode 2019-2024 pada 25 Mei2019.

BACA JUGA :  Aksi Teror Pada Pimpinan KPK, Sekjen DPD KNPI Jatim: Jangan Kendor Memberantas Korupsi

Sementara itu, Sekretris Tim Sel Zona 4 Sholihul Huda, M.Fil.I berharap semua calon pendaftar untuk teliti dalam penyerahan berkas adminstrasi. Tidak kalah penting disiapkan pula pengetahuan tentang undang-undang kepemiluan untuk tes cat, selamat mendaftar. (Abd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here