Ghani, saat membawa sapinya ke tempat penyemblihan - (Hendra Hari Wahyudi/PIJARNews.ID).

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Cerita menarik selalu hadir dalam setiap momen, termasuk dalam perayaan Idul Qurban tahun ini yang jatuh pada hari Jum’at (31/7) kemarin. Meski hari raya qurban tahun ini di saat masih mewabahnya pandemi Covid-19, namun ternyata semangat berqurban terus saja meningkat.

Seperti yang terjadi di Desa Takerharjo, kecamatan Solokuro, kabupaten Lamongan, seorang warga biasa telah berqurban sapi seberat 1 ton 30 kg, dia adalah H Teguh Nugroho Tri Atmojo. Sapi yang diperkirakan seharga 100 juta ini, ia jadikan hewan qurban di Iduladha kali ini.

Mungkin sapi dengan bobot super tersebut manjadi biasa diqurbankan oleh para pejabat negeri ataupun artis, termasuk Presiden RI yang sering berqurban dengan sapi super. Namun kali ini, warga biasa pun bisa melakukannya meski di tengah krisis akibat Covid-19.

Ditemui PIJARNews.ID, pria yang berusia 36 tahun ini menuturkan bahwa dia berusaha agar istiqomah dalam berqurban. “Alhamdulillah, pada tahun ini kami masih diberikan rezeki dan kesempatan untuk berqurban”, tutur pria yang juga seorang peternak sapi ini.

Ternyata sapi super ini merupakan hewan qurban atas nama anaknya, Ghani Salman Nugroho, siswa kelas B TK ABA di Takerharjo yang berusia 5 tahun.

“Qurban tahun ini adalah qurbannya Ghani, agar menjadi pembelajaran untuk dia agar terus semangat dalam ibadah dan memberikan yang terbaik dengan apa yang dia punya untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT”, ungkapnya.

BACA JUGA :  KKN Unirow Tuban: Membuat Sendang Asmoro jadi Wisata yang Menyehatkan

Dengan berani Ghani terlihat menuntun sapinya ke tempat penyemblihan, saat ditanya tim media, Ghani merasa senang bisa berqurban satu ekor sapi yang sangat besar ini. “Saya senang, sapinya gede (besar) tapi nurut”, jawabnya dengan polos.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Ghani ini dilaksanakan pada hari Sabtu (1/8) bertempat di halaman Balai Desa Takerharjo, karena pada hari Jum’at setelah shalat Id waktunya tidak mencukupi akibat panitia qurban telah menerima 135 ekor kambing dan 8 ekor sapi.

Reporter: Hendra Hari Wahyudi Editor: Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here