Arif Budiman, Ketua KPU RI sebagai pembicara dalam Webinar Kajian Kebon Jambu, Jombang - Indonesia (Blex/PIJARNews.ID).

WEBINAR, PIJARNews.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimistis terhadap penyelenggaran Pilkada Serentak Lanjutan tahun 2020 bisa maksimal, walaupun di tengah Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI, Arif Budiman dalam sebuah disukusi publik yang diselenggarakan oleh Kajian Kebon Jambu (KKJ) Jombang – Indonesia, Jum’at (7/8) malam.

“Kami sedari awal memasang target 77, 5 % untuk partisipasi pemilih dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 ini, meskipun di era pandemi kami tetap optimis bahwa yang kita rencanakan bisa maksimal”, terang Arif.

Ia kemudian mengambil contoh dari negara Korea Selatan (Korsel) yang sukses menyelenggarakan Pemilu di tengah pandemi. “Kita bisa melihat keberhasilan Korsel yang sukses melaksanakan Pemilu di musim pandemi, hebatnya lagi partisipasi pemilih juga cukup tinggi, padahal sejak tahun 1992 terjadi tren penurunan. Untuk itu keberhasilan Korsel tersebut mesti kita tiru”, tuturnya.

Tentu hal yang mesti diperhatikan dalam masa pandemi ini ialah kesehatan dan keselamatan, begitu juga yang terjadi di Korea Selatan, kata Arif. Oleh karenanya semua pihak harus taat dan disiplin pada protokol kesehatan agar bisa memutus penyebaran Covid-19.

Radfan Faisal saat memandu acara Webinar Kajian Kebon Jambu (KKJ) Jombang – Indonesia (Blex/PIJARNews.ID).

Ia melanjutkan, jika KPU akan terus berupaya agar partisipasi pemilih bisa tinggi. “Meskipun kami dibatasi waktu dan pendanaan, kami berupaya sekuat mungkin agar partisipasi pemilih sesuai dengan harapan. Namun kembali juga yang menentukan tinggi rendahnya partisipasai bukan hanya KPU, tapi bisa juga dari masyarakatnya, peserta pemilunya, kinerja paslon, parpol dan lain sebagainya”, lanjut Arif.

BACA JUGA :  Dosen UMSIDA Adakan Sekolah Literasi Digital Bersama Pelajar di Bojonegoro

Selain itu, Arif juga berharap supaya masyarakat turut aktif dalam setiap tahapan Pemilu. “Saya berharap agar semua masyarakat mau berpartisipasi dalam setiap tahapan Pemilu. Misalnya saat ini sedang Coklit, nanti ada pencermatan daftar pemilih, hingga pelaksanaan pemilihan pada 9 Desembar 2020 mendatang”, harapnya.

Reporter: Agus Supatma Editor: Afrizky Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here