Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, foto diambil dari https://hits.grid.id - (Shd/PIJARNews.ID).

WEBINAR, PIJARNews.ID – Indeks perkembangan demokrasi di Jawa timur menunjukkan semakin membaik dalam tiga tahun terakhir. Hal Ini disampaikan Khofifah Indar Parawansa selaku Gubenur Jatim saat menjadi pembicara dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Taruna Merah Putih, Minggu (9/8) malam.

Mengutip data dari BPS tahun 2020 Khofifah menjelaskan bahwa, di tahun 2017 Indek presentase demokrasi sebesar 70.92%, kemudian di tahun 2018 indek demokrasi mengalami kenaikan menjadi 72.86% dan di tahun 2019 Indek Demokrasi naik kembali menjadi 77.68%.

“Kenaikan indek demokrasi ini tidak lepas dari terlayaninya hak-hak politik warga masyarakat, selain itu lembaga penyelenggara demokrasi (KPU dan Bawaslu) juga berperan penting dalam kenaikan indeks demokrasi, salah satunya dengan kinerja lembaga yang semakin membaik”, paparnya

Selanjutnya ia juga menyampaikan bahwa penting sekali pilkada serentak tahun 2020 ini berjalan dengan lancar disetiap tahapannya. “Standar pemilu demokratis menjadi hal utama yang dilaksanakan secara berkala dengan kepastian hukum”, pungkasnya.

Reporter: Shd Editor: Afrizky Fajar

BACA JUGA :  Atasi Ketidaksinkronan Data, Pemprov Jatim Siapkan Program Jatim Connect

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here