Antusias masyarakat saat memilih pakaian bekas gratis - (Tyo/PIJARNews.ID).

Editor: Sultan Al Farisy

MALANG, PIJARNews.ID – Sekelompok anak muda membuka lapak pasar gratis di Pasar Besar Malang, Minggu (23/08). Aksi sosial ini membebaskan masyarakat mengambil barang tanpa membayar sepeserpun.

Uniknya, kegiatan tersebut tidak menggunakan nama atau atribut lainnya. Mereka biasa menyebut sebagai aksi solidaritas. Sejak poster pasar gratis ini disebarkan, masyarakat dipersilahkan menyumbangkan donasi. Selanjutnya begitu aksi digelar, siapa pun boleh mengambil barang yang dibutuhkan.

Sebagaimana pengakuan Riyan, salah satu mahasiswa asal perguruan tinggi swasta di kota Malang yang pertama kali ikut berdonasi pakaian bekas setelah mendapatkan informasi dari teman dan dari media sosial.

Reporter PIJARNews.ID yang mengamati kegiatan amal ini sejak sore hingga malam hari melihat banyak masyarakat yang berdatangan. Dengan memanfaatkan emperan toko yang tutup, ”pasar asik”  ini menyediakan beragam pakaian bekas, buku-buku, sayuran segar serta bahan pangan seperti beras dan sebagainya.

”Ini menjadi inovasi yang sangat solutif bagi masyarakat menengah bawah”, komentar seorang ibu rumah tangga yang sedang memilah pakaian bekas.

Lapak pakaian bekas dan buku-buku gratis untuk yang membutuhkan – (Tyo/PIJARNews.ID).

Sempat beberapa orang ada yang ragu dan menanyakan harga saat belum mengetahui bahwa barang-barang yang disediakan pasar ini adalah gratis untuk siapa saja.

Menurut salah seorang panitia acara, ternyata sebelumnya pasar gratis ini sudah pernah diadakan dan lama tidak diadakan kembali.

”Dulu sudah ada, kini kita coba hidupkan kembali”, ungkapnya.

BACA JUGA :  Imbauan Pemda Kabupaten Ponorogo, Forpimka Sawoo Gelar Sholat Istisqa

Sedangkan pasar gratis ini berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here