Foto bersama dalam Deklarasi Protokol Covid-19 - (SAF/PIJARNews.ID).

Reporter: Khoirul Ikhwan Editor: Sultan Al Farisy

MOJOKERTO, PIJARNews.ID – Kepolisian Resort (Polres) Mojokerto, menyelenggarakan Deklarasi Protokol Kesehatan yang diikuti tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Kepala Daerah Kabupaten Mojokerto pada Pilkada 2020.

Pernyataan sikap bersama tersebut juga diikuti ketiga Bapaslon, yakni Yoko Priyono-Choirunnisa (Yoni), Ikfina Fatmawati-Muhammad Al Barra (Ikbar) dan Pungkasiadi-Titik Masudah (Puti). Deklarasi yang juga melibatkan pimpinan partai politik (Parpol) pengusung ini berlangsung di Aula Polres Mojokerto, Jl. Gajahmada, Mojosari, Kamis (10/9/2020).

Deklarasi ini juga dihadiri Komandan Kodim 0815 Mojokerto, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto serta perwakilan Organisasi Kemasyarakatan setempat.

”Kami berharap pada pelaksanaan Pilkada ini tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai Inpres Nomor 6 tahun 2020. seperti kita ketahui, pandemi Covid 19 belum selesai”, ujar Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander seusai memimpin acara tersebut.

Dony meminta adanya komitmen dari Bapaslon serta pihak-pihak terkait untuk mematuhi protokol kesehatan. Apalagi ketiga Bapaslon telah menandatangani deklarasi tersebut. “Dalam setiap tahapan Pilkada yang akan segera berlangsung, hendaknya deklarasi ini dipatuhi”, sambungnya.

Pihaknya juga akan menindak bagi pelanggar protokol kesehatan. Misal, tak menggunakan masker dalam kegiatan Pilkada. Sanksi yang dikenakan menurut Kapolres, menyapu jalan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menghafalkan Pancasila dan push-up.

Terkait proses pengawasan Pilbup Mojokerto, Kapolres menyatakan siap memberikan dukungan pada Bawaslu. ”Kami akan siapkan personil, begitu pula dengan TNI. Kami siap membantu sesuai arahan Ketua Bawaslu dan UU Pemilu selama tahapan Pilbup”, tegas Dony.

BACA JUGA :  Resmi Dilantik, Dr. Fauzan Kembali Emban Amanah Pimpin UMM

Usai deklarasi, acara dilanjutkan dengan pembagian 10.000 masker kepada pedagang dan warga di kawasan Pasar Legi Mojosari. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya kongkrit mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here