Uji Publik di Kabupaten Malang (Bro/PIJARNews.ID).

Reporter : BRO Editor: Ahmad

MALANG, PIJARNews.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mulai melakukan Uji Publik di 390 Desa se-Kabupaten Malang sejak tanggal 23 hingga 26 September 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Malang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Khilmi Arif menuturkanan bahwa yang akan diuji publikan adalah terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diumumkan.

“Sejak 23 September KPU Kabupaten Malang melalui PPS akan menggelar Uji Publik DPS, hal ini penting dilakukan untuk melindungi hak pilih masyarakat”, tuturnya.

Khilmi juga mengatakan bahwa peserta Uji Publik DPS tersebut terdiri dari PPS beserta Sekretariat PPS, PPDP yang telah selesai masa tugasnya, PKD, Kepala Desa/Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Perwakilan Partai Politik di Tingkat Desa/Kelurahan dan Tokoh Masyarakat.

“KPU Kabupaten Malang memutuskan untuk menggelar Uji Publik di tataran Desa/Kelurahan, karena di tingkat desa/kelurahan yang lebih tahu data pemilih, sehingga tidak ada lagi alasan pemilih yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) nantinya”,tandasnya.

Uji Publik DPS Kabupaten Malang (Bro/PIJARNews.ID).

Adapun yang tercatat sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Malang saat ini 2.012.874 Pemilih.

“Data tersebut terdiri dari 1.003.872 pemilih laki-laki dan 1.009.002 pemilih perempuan”, ujarnya.

Pada Uji Publik ini Khilmi berharap peserta yang hadir dapat memberi masukan dan tanggapan perihal pemilih yang belum masuk di DPS, pemilih yang mengalami ubah/perbaikan data dan pemilih yang tidak memenuhi syarat.

BACA JUGA :  Penyelenggara Pemilu di Lamongan Lakukan Rapid Test Masal

“Saya berharap agar peserta yang mengikuti uji publik tersebut memiliki kesadaran serta dapat proaktif melihat DPS yang akan diuji publikan”,pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here