Rangkaian kegiatan dari rumah ke rumah Eyang Veteran, (Gus/PIJARNews.ID).

Reporter: Bagus Editor: Ahmad

SURABAYA, PIJARNews.ID – Sebagai sarana untuk mengenang jasa para pahlawan yang jatuh pada bulan November ini, Sanggar Yatim Kota Surabaya membuat project sosial perdana bertema “Berbagi cinta dan cerita dengan eyang Veteran Pejuang Kemerdekaan”.

Selama dua hari (7-8/11), kegiatan ini murni dikelola oleh anak-anak sendiri. “Hal ini merupakan wujud nyata aksi project sosial dari alumni Diklat Kerelawanan dan Kepemimpinan 2020”, ungkap Jintung Marsudi selaku pembina Sanggar Yatim Muhammadiyah ini.

Selama acara berlangsung, semua peserta terlihat cukup antusias bercengkrama dan mendengarkan cerita dari para eyang Veteran.

Ada eyang Shaleh yang pernah ikut terjun¬† langsung dalam perang Irian Barat, “Saya sangat senang dengan anak-anak yang kuat ilmu dan kuat fisiknya untuk mempertahankan NKRI”, ungkapnya.

Selain itu ada eyang Sudarsono yang menceritakan macam-macam veteran di Indonesia, antara lain veteran juang, veteran pembela, dan cacat veteran.

Selanjutnya ada juga eyang Usman yang berbagi cerita bahwa beliau lahir saat penjajahan Jepang, “Saya sangat benci waktu kecil lihat penjajah, lalu bercita-cita jadi tentara, saat besar terlaksana”, ucapnya.

Foto bersama Sanggar Yatim dengan para eyang Veteran, (Gus/PIJARNews.ID).

Ada pula eyang Wiyono yang selama 12 tahun bekerja di laut, berjuang di laut, dan masih banyak cerita nyata dari beberapa veteran lainnya.

“Teman-teman saya dengan antusias mendengarkan, haru dan beberapa eyang Veteran sempat menangis”, ujar Amalia dwi Novianti selaku Ketua Panitia Pelaksana Cerita Cinta Veteran.

BACA JUGA :  Pesmatu ala SDM Dubes

Beberapa hal yang bisa diambil pelajaran dari kegiatan ini adalah selalu semangat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif. Perjuangan para pendahulu itu sangat berat, dan saatnya kini generasi berjuang dengan ilmu pengetahuan. Begitulah kiranya harapan dan pesan para Veteran sebagai tanda terimakasih kepada para pendahulu.

Sanggar Yatim ini adalah wadah anak-anak Binaan Panti Asuhan Muhammadiyah Pagesangan yang bergerak di bidang sosial kerelawanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here