Para anggota Caskapal sedang melakukan pengamatan planet Mars (Fauzi/PIJARNews.ID

Editor: Ahmad

LAMONGAN, PIJARNews.ID – Untuk mengaplikasikan materi-materi ilmu falak, Club Astronomi Santri Karangasem Paciran Lamongan (CASKAPAL) mengadakan kegiatan praktik pengamatan benda-benda langit, Senin (9/11/2020) di Lt. 3 MA Muhammadiyah 1 Paciran.

Praktik yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini merupakan kali ketiga yang sebelumnya dua kali pernah dilaksanakan di Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR). Pada praktik ketiga ini diikuti oleh 17 siswa/i MA Muhammadiyah 1 yang terdiri dari kelas 10-12. Mereka yang tergabung dalam ekstrakulikuler ini merupakan siswa/i yang benar-benar memiliki ketertarikan terhadap ilmu falak.

Sebagai salah satu peserta, Nur Akbar Ramadhana menjelaskan perihal keikutsertaannya dalam komunitas yang bergerak di bidang astronomi.

“Saya menyukai hal-hal baru yang belum pernah saya pelajari sebelumnya. Mempelajari ilmu falak salah satunya”, ujar siswa kelas 12 Agama itu.

Berbeda dengan Izzul Haq Firman M yang kerap disapa Izzul. Saat diwawancarai, ia menjelaskan mengapa ia menggeluti bidang falak ini.

“Karena saat kuliah nanti saya mengambil prodi sains data di UNAIR. Setidaknya dari pelatihan ilmu falak ini saya dapat mengatahui dasar-dasar ilmu falak yang tentunya berkaitan erat dengan sains. Walaupun saya bukan orang yang mudah faham dengan hal-hal baru, namun akan saya fahami secara bertahap. Perlahan namun pasti”, ungkapnya.

Akrom Mujahid Fillah sebagai pengampu ekstrakurikuler ilmu falak menerangkan bahwa tahun depan ilmu falak akan diajarkan di seluruh SLTA di Kabupaten Lamongan.

BACA JUGA :  Musycab Bersama dan Diskusi Istimewa AMM di Garut

“Jadi rencananya, bidang studi ilmu falak ini nantinya akan diajarkan di SLTA (SMK, MA, SMA) PTN dan PTS se-Kabupaten Lamongan”, katanya.

Dalam praktiknya, Caskapal Menggunakan dua buah teleskop berjenis Skilwestor dan Celestron untuk membidik planet dan bintang. Meskipun sempat tertutup awan dan gerimis, praktik pengamatan planet dan bintang tetap dilaksanakan hingga berakhir tepat pukul 00.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here