Samsul Andika, seorang guru yang sukses budidaya ikan hias (Mizan/PIJARNews.ID)

Editor: Ahmad

LUMAJANG, PIJARNews.ID – Seorang guru Sekolah Dasar (SD) di Lumajang menekuni bisnis ikan hias hingga meraup untung jutaan rupiah, ia bertempat tinggal di Pasirian, Kabupaten Lumajang.

Guru yang bernama Samsul Andika (32) tersebut, menekuni bisnis budidaya ikan hias mulai tahun 2007 sampai sekarang. Saat di wawancarai PIJARNews.ID (13/11) ia mengatakan awalnya hanya budidaya ikan jenis cupang saja, sekarang bisa menambah koleksi macam-macam ikan serta perlengkapan akuarium.

“Alhamdulillah mas, sampai sejauh ini saya tidak pernah menyangka bisa seperti ini. Pekerjaan budidaya ikan, sebenarnya buat sampingan saja. Soalnya setiap pagi saya harus pergi mengajar di Sekolah Dasar”, ungkap Samsul Andika.

Samsul panggilan akrab Samsul Andika juga menambahkan, bahkan ikan-ikan yang dipeliharanya sampai tembus pasar luar daerah, dijual melalui media sosial hingga mengirim ke Malang, Surabaya hingga Bali.

“Mulai harga ribuan sampai ratusan ribu, ikan hias laris di pasaran. Apalagi kalau sudah pernah juara dalam kontes ikan hias, harganya bisa melambung tinggi dan mampu menebalkan isi dompet”, tambahnya.

Menurutnya, salah satu jenis ikan hias yang sedang ramai di pasaran dan menjadi andalan adalah ikan cupang koi multi.

BACA JUGA :  Bikin 10 Buku Sekali Terbit, Prodi Ilmu Komunikasi UMM Pecahkan Rekor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here