Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Aplikasi Sirekap (Agus/PIJARNews.ID).

Editor: Ahmad

PONOROGO, PIJARNews.ID – Pelaksanaan Pemilihan Umum tahun ini tinggal menghitung hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo menggelar simulasi pemungutan, penghitungan dan penggunaan Sirekap Sabtu (21/11/2020) di Tambak Kemangi Resort Ponorogo.

Munajat selaku Ketua KPU Ponorogo menjelaskan,
“Kegiatan simulasi pemilihan ini merupakan sarana edukasi agar nanti tanggal 9 Desember kami benar-benar siap melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara dan penggunaan Sirekap, serta masyarakat tidak ragu untuk datang ke TPS”, jelasnya.

Munajat juga menambahkan, perlu diketahui bahwa KPPS yang bertugas dalam simulasi ini merupakan KPPS yang nanti akan bertugas, serta menghadirkan PPK, perwakilan PPS, Bawaslu, Panwascam, LSM, Parpol, dan juga awak Media Massa”, tambahnya.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Aplikasi Sirekap (Agus/PIJARNews.ID).

Sedangkan Komisioner KPU Jawa Timur Miftahurrozak memberitahukan bahwa simulasi ini dilakukan serentak pada 157 titik seluruh Indonesia. Adapun di Jatim dilaksanakan pada 4 titik yakni Ponorogo, Pasuruan, Mojokerto dan Blitar.

“Kegiatan simulasi ini digelar supaya penyelenggara, peserta dan pemilih betul-betul memahami bagiamana prosedur, tata cara pemungutan, perhitungan sesuai protokol kesehatan dan penggunaan Sirekap dalam Pemilu di tahun ini”, terangnya

Perlu diketahui bahwa Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) merupakan hal baru dalam pemilihan tahun ini. Karena dalam Pemilu sebelumnya ada Situng. Meskipun Sirekap tidak menjadi fungsi utama, tetapi Sirekap bisa berfungsi sebagai transparansi dan juga informasi.

BACA JUGA :  Ali Muthohirin: Pemilu Serentak 2020 Harus Jadi Momen Penanaman Nilai Demokrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here